Wacana Pemindahan Ibu Kota, Politikus PDIP Condong ke Palangkaraya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Pematangan rencana perpindahan Ibukota ke luar Jawa merupakan pekerjaan penting dan amat bersejarah. Wacana “hijrah” dari DKI Jakarta kembali mencuat dalam rapat terbatas antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin (30/4).

Politisi PDIP, Dwisunu Hanung Nugrahanto mengatakan, wacana tersebut adalah sesuatu yang positif. Dia mengatakan salah satu daerah yang paling potensial adalah Kalimantan.

“Kalau mau dipindah ke luar Jawa, saya rasa paling tepat ke Palangkaraya, karena wacana Palangkaraya sebagai sebuah Ibukota sudah ada sejak zaman Bung Karno dulu, kalau tak salah 1950-an,” ujarnya Selasa (30/4).

Menurut Anton-sapaannya-, Palangkaraya merupakan kota yang terlepas dari dialektika pembangunan tata ruang jajahan Hindia Belanda, atau dengan kata lain murni rencana pembangunan tata ruang republik.

“Ya sejak Bung Karno meresmikan tugu di Pasar Pahandut, Palangkaraya, di situlah sesungguhnya tata ruang ala Republik yang menekankan tata kota egaliter sedang dibangun oleh Bung Karno,” tambahnya.

Dia memaparkan, jalan-jalan di Palangkaraya besar dan lurus-lurus. Ini erat kaitannya dengan pandangan Geostrategis Bung Karno dan di masanya bisa dilalui pesawat jet tempur Mig.

“Apalagi Palangkaraya dibangun dengan visi sebagai pusat konektivitas di mana letak kota adalah di tengah tengah wilayah NKRI, sebagaimana dasar tata ruang Nusantara, tempat pengaturan kekuasaan memang seharusnya di tengah sebagai simbol keseimbangan yang mengayomi, Palangkaraya bisa dikatakan spirit Bung Karno soal Indonesia masa depan,” lanjut Anton.

Anton menyebutkan bahwa peran Bappenas harus diperkuat. Bappenas harus bisa menjadi pusat dari segala ide dan aktif dalam menggalang semua rencana rencana detail.

Baca Juga: Erupsi Lagi, Gunung Agung Luncurkan Abu Setinggi 1.000 Meter

Mulai dari persiapan, pergerakan sampai penempatan instrumen instrumen kelengkapan ibukota negara.

Ketika ditanya soal kesanggupan sejarah Presiden Jokowi mewujudkan perpindahan ibukota RI ke luar Jawa, Anton menukas sangat yakin bisa direalisasikan.

“Kita tahu-lah reputasi Pak Jokowi paling nyata ya beliau mampu mewujudkan ide menjadi sebuah realitas itu talenta utama Presiden Jokowi yang semua orang Indonesia sudah melihat buktinya,” pungkasnya. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...