7 Khasiat Minum Rebusan Daun Sirsak

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Buah sirsak dikenal dengan rasanya yang asam manis. Dengan kulitnya yang berduri, buah ini dikenal efektif mengobati kanker, mencegah atau menghambat sel kanker. Tak hanya buahnya, tetapi daun sirsak juga berkhasiat untuk kesehatan.

Nah, jika ingin merasakan manfaatnya, tak ada salahnya mulai mencoba merebus daun sirsak lalu dijadikan minuman seperti teh. Namun tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping rebusan daun sirsak seperti mual atau sembelit.

Rebusan daun sirsak yang juga dikenal sebagai teh Graviola. Daun sirsak berkhasiat karena mengandung alkaloid, asetogenin, antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, kalium, asam gentisat, dan anonol.

Teh sirsak dapat dengan mudah diseduh di rumah, dengan menggunakan daun sirsak segar (atau kering), air yang disaring, dan pemanis alami, seperti madu.

Anda hanya membutuhkan 5-8 daun untuk 2 cangkir teh. Dilansir dari Organic Facts, Rabu (1/5), ada tujuh khasuat minum rebusan daun sirsak yang telah teruji melalui penelitian.

Kehadiran acetogenins, kelompok antibiotik kuat yang ditemukan di sirsak, memberikannya sifat anti-kanker. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Cheryl E. Green, Sheridan L. Hibbert Lawrence AD ​​Williams, dan lainnya, ditemukan senyawa asam anti kanker dalam sirsak melindungi sel-sel sehat saat menjalani kemoterapi. Misalnya ketika pasien mengalami maaalah rambut rontok, mual, dan penurunan berat badan.

Melindungi Kesehatan Jantung

Kadar kalium tinggi dan senyawa aktif dalam rebusan sirsak menurunkan tekanan darah dalam jumlah yang signifikan. Untuk orang dengan hipertensi, minum rebusan sirsak adalah cara terbaik untuk menurunkan tekanan pada jantung. Sehingga mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Memperbaiki Pencernaan

Keseimbangan vitamin dan mineral yang baik, serta senyawa anti-inflamasi dalam rebusan daun sirsak dapat membantu sistem pencernaan dan mencegah kondisi sembelit, kram, kembung, dan diare. Kehadiran kalsium di dalamnya juga membantu tubuh menyerap zat besi lebih efektif. Sementara efek antimikroba dari teh ini membantu menyeimbangkan lingkungan mikroflora usus.

Meningkatkan Sirkulasi

Tingginya kadar zat besi yang ditemukan dalam daun sirsak membantu merangsang sistem peredaran darah dan meningkatkan energi ke seluruh tubuh. Zat besi membawa energi ke sistem dan jaringan organ, mempercepat perbaikan dan mengoptimalkan aktivitas metabolisme.

Turunkan Berat Badan

Rebusan unik ini mengandung sejumlah vitamin B untuk mengoptimalkan metabolisme. Sehingga memberi tubuh lebih banyak energi untuk membantu penurunan berat badan.

Baca Juga: 7 Tips Kurangi Asupan Gula

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang ditemukan dalam teh sirsak dapat merangsang produksi sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan melawan radikal bebas dan mengurangi kemungkinan stres oksidatif di jaringan dan organ tubuh.

Perawatan Kulit

Ada sejumlah sifat astringen dari teh sirsak yang dapat menyebabkan kulit mengencang dan pori-pori mengecil. Tidak hanya baik untuk mengurangi munculnya garis-garis dan kerutan, tetapi juga mencegah kondisi seperti jerawat dan peradangan pori-pori. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...