Karateka Sulsel Sumbang Dua Perunggu untuk Indonesia


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Indonesia harus puas menduduki peringkat 11 pada Kejuaraan Karate tingkat Asia (AKF) 2019 yang dipusatkan di Kota Kinabalu, Malaysia. Medali yang dikumpulkan yakni tiga perak dan sembilan perunggu.
Tercatat, dua medali perunggu Indonesia disumbangkan oleh karateka asal Sulsel. Mereka adalah Rizky Dinda Amalia dan Nur Rizka Fauziah.
Rizky Dinda Amalia berhasil mendulang medali perunggu setelah turun bertanding pada kelas kata perorangan putri junior. Sedangkan Nur Rizka Fauziah pada nomor kata perorangan putri U-21.
Di ajang ini pula, Forki Sulsel mengirim tiga wasit untuk mengikuti ujian wasit karate tingkat Asia dan ketiganya berhasil lulus. Mereka adalah Ki Yani Mahdi, Musakkir, dan Suhardiman Syamsu.
Wasit karate internasional asal Sulsel, Musakkir, membeberkan bahwa ada lima karateka Sulsel yang turun berlaga. Yaitu, Muhammad Ardinan, Muhammad Gibran Mursalim, Fadhillah Mugnii, Rezky Dinda Amalia Ichwan, dan Nur Rizka Fauziah. Para karateka didampingi dua pelatih, yakni Mursalim Bado’o, dan Nukman Lahamang.
Lanjut Musakkir, satu medali perunggu sangat berarti bagi Merah Putih. Karena harus melalui perjuangan yang berat. Harus mengalahkan 43 negara di Asia.
“Begitu pula dengan perjuangan wasit untuk lulus harus memperoleh nilai minimal 90, baik ujian teori maupun praktik. Kemudian di dalam memimpin pertandingan selama tiga hari tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun karena akibatnya adalah turun grade,” jelas Musakkir, Rabu (2/5/2019). (smd)
loading...

Komentar

Loading...