Kemenkumham Sosialisasi Kewajiban Perancang Perundang-undangan


FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Kepala Kantor Wilayah Kumham Sulbar Harun Sulianto menjelaskan tugas pokok perancang peraturan perundang-undangan. Di antaranya adalah menyiapkan, mengolah, dan merumuskan rancangan peraturan perundang-undangan dan instrumen hukum lainnya.
“Maka dari itu seorang perancang peraturan perundang-undangan harus memahami dengan baik apa yang menjadi kewajiban dan perannya,” kata Harun dalam kegiatan Pendalaman materi perancangan peraturan daerah,  di ruangan Baharuddin Lopa, Kanwil Kumham Sulbar, Kamis, 2 Mei 2019.
Karenanya, dia meminta peserta agar fokus mengikuti kegiatan pendalaman materi tersebut. Dengan  kegiatan pendalaman materi ini, diharapkan para perancang peraturan perundang-undangan dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan optimal. “Juga dapat meningkatkan kompetensi para perancang peraturan perundangan-undangan,” kata Harun.
Perwakilan dari Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan S. Opih Muhapilah selaku Kepala Seksi Penilaian Angka Kredit Perancang Peraturan Perundang-undangan, yang juga merupakan narasumber menjelaskan bahwa kewenangan tim penilai kanwil berdasarkan Permenkumham No. M.HH-06.KP.09.02 tahun 2008 tentang tugas tim penilai angka kredit.
Adapun kegiatan yang dapat dinilai seluruh mulai tahap rancangan, pembahasan rancangan, pemberian tanggapan sampai dengan penyusunan instrumen hukum seperti penyusunan legal opinion dan kajian peraturan daerah. “Saat ini sedang disiapkan standar komptensi perancang, sehingga kenaikan jenjang tidak hanya menggunakan angka kredit saja tapi juga melalui uji kompetensi,” ucap Opi.
Apabila dari hasil inventarisasi kegiatan tersebut telah memenuhi jumlah angka kredit untuk kenaikan jabatan/pangkat, maka pejabat fungsional yang bersangkutan secara hierarki mengajukan penilaian dan penetapan angka kredit kepada pejabat yang berwenang. Turut hadir, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Sri yuliani, pejabat struktural Divisi Pelayanan Hukum, perwakilan biro hukum di Kabupaten se-Sulawesi Barat, dan para perancang peraturan perundang-undangan Kanwil Kumham Sulbar. (hms)
loading...

Komentar

Loading...