Minum Teh atau Kopi, Ini Perbandingan Manfaat untuk Kesehatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Teh dan kopi adalah minuman favorit yang diseruput saat santai. Keduanya mengandung kafein dengan takaran masing-masing. Baik kopi dan teh dipenuhi kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Lalu jika harus memilih, mana yang lebih baik, teh atau kopi?

“Kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Parkinson dan diabetes tipe 2,” kata Direktur Nutrisi di Pritikin Longevity Center & Spa di Miami Kimberly Gomer, MS, RD, LDN, seperti dilansir dari Reader’ Digest, Kamis (2/5).

Kopi juga terbukti menurunkan risiko beberapa kanker. Seperti kanker endometrium dan kanker kulit nonmelanoma. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 500 ribu orang di seluruh dunia, didapati bahwa minum kopi dikaitkan dengan pengurangan risiko kematian dari berbagai penyakit.

Hanya saja, jangan mengisi lambung saat pagi dengan kopi bersama gula dan krim. Hal itu tentu tak baik untuk kesehatan.

Nah, bagaimana dengan teh, apa yang baik diberikan oleh secangkir teh?

“Teh (biasa) dan teh hijau, mengandung kandungan yang memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk pengurangan risiko kanker, penyakit kardiovaskular, osteoporosis, dan penyakit gusi,” kata Gomer.

Kandungan tersebut termasuk antioksidan dan polifenol. Sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi penurunan kognitif, menurunkan risiko stroke, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa peminum teh biasa memiliki lebih sedikit peradangan berkat senyawa yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG dapat menurunkan risiko pembentukan plak di otak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Mana yang lebih baik?

Teh ternyata lebih banyak antioksidan dan polifenol yang kuat dibandingkan kopi. “Kopi dan teh sama-sama memiliki manfaat, tetapi semua teh mengandung manfaat antibakteri, anti-inflamasi, dan antivirus karena kandungan polifenol dan antioksidannya,” kata Ahli Kesehatan Will Cole, IFMCP, DC.

Baca: Pil KB Mampu Kurangi Risiko Kanker Ovarium

Baca: Penyakit Rentan Buruh: Depresi, Gangguan Pernapasan hingga Gangguan Pendengaran

Selain itu, kata dia, berbagai jenis teh menawarkan manfaat uniknya sendiri. Tentu saja, jika sensitif terhadap kafein, Anda mungkin perlu menghindari keduanya.

Kopi memiliki kafein lebih banyak dari teh. Kopi mengandung sekitar 92 miligram kafein per cangkir sedangkan teh masih mengandung sekitar 50 miligram. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar