Preview Arsenal vs Valencia: Lucky Emery

Kamis, 2 Mei 2019 - 15:10 WIB
Unai Emery saat juara Liga Europa bersama Sevilla/Martin Rose/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Arsenal berusaha memakai jalur alternatif ke Liga Champions dengan memenangi Liga Europa. Sang manajer, Unai Emery mereka harapkan menjadi pembawa keberuntungan (lucky).

Kalau melihat sepak terjang Emery di Liga Europa, tak salah jika fans Arsenal berharap banyak pada sang mentor. Sejarah karier pelatih Spanyol itu menunjukkan dia memang spesialis kompetisi nomor dua Eropa ini.

Sebelum berlabuh di Emirates Stadium, Emery sudah memenangkan tiga gelar Liga Europa bersama Sevilla. Catatan luar biasa itu disempurnakan dengan status juara yang ia raih dalam tiga musim secara beruntun di klub Spanyol tersebut.

Termasuk ketika menjadi juara pada musim 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016, total Emery sudah tampil di empat pertandingan semifinal. Satu semifinal lainnya ia mainkan saat masih melatih Valencia dimana anak asuhnya kalah agregat 2-5 dari Atletico Madrid.

Sentuhan magis Emery juga sudah terbukti di Arsenal. Setelah bangkit dari kekalahan di leg pertama menghadapi BATE Borisov dan Rennes, ia kemudian memimpin The Gunners mengeliminasi jagoan Italia, Napoli dengan agregat 3-0 di delapan besar.

Nah, sekarang tantangan lain menanti Emery dan pasukannya. Dinihari nanti, mereka akan menjamu Valencia di leg pertama babak semifinal di Emirates. Meski baru saja menelan tiga kekalahan beruntun di liga domestik, keberuntungan Emery di Liga Europa diharapkan akan muncul lagi.

“Kami sekarang memikirkan Valencia di Liga Eropa. Kami memiliki ambisi besar dalam kompetisi ini. Ini semi final dan akan sulit juga. Kemudian kami bermain pada hari Minggu melawan Brighton dan Hove Albion dan kami harus memenangkan pertandingan itu,” kata Emery di FOX Sport.

Memang tidak ada pilihan lain bagi Arsenal selain berharap pada tuah Emery. Menyusul hasil buruk di Premier League, mereka kini masih tertahan di peringkat kelima. Dengan dua laga sisa, peluang mereka finis di empat besar dan lolos ke Liga Champions sangat berat.

“Pada awal musim kami tahu itu akan sangat sulit [finis di empat besar]. Kepercayaan kami bisa naik, bisa turun. Tetapi hal yang paling penting adalah jernih dalam pikiran dan cara kami adalah memikirkan semifinal ini dan bersiap untuk pertandingan dengan cara terbaik,” jelasnya.

Gelandang Arsenal, Granit Xhaka mengakui duel kontra Valencia ini akan sulit. Akan tetapi, sebagai rute alternatif lolos ke Liga Champions, ia berharap bisa menang. Makanya, pemain asal Swiss meminta dukungan penuh fans di Stadion Emirates.

“Jika Anda berada di semi final, Anda dua pertandingan dari final. Saya tahu apa pun bisa terjadi tetapi jika Anda tiga pertandingan dari gelar, Anda harus berpikir positif,” kata Xhaka di situs resmi The Gunners.

 

Situasi Valencia persis sama seperti Arsenal di La Liga. Karena itu, mereka tidak akan mengalah begitu saja. “Kami perlu menatap laga ini dengan keyakinan dan pengetahuan bahwa kami berada pada level yang baik musim ini. Para pemain dapat memberikan segalanya pada duel ini,” kata pelatih Marcelino Garcia Toral di situs resmi Valencia.

Pada laga ini, Arsenal tidak bisa diperkuat Rob Holding, Hector Bellerín, Danny Welbeck, Shkodran Mustafi, dan Aaron Ramsey. Sedangkan Nacho Monreal dan Mesut Ozil dilaporkan sudah bisa bermain lagi setelah pulih dari cedera. Sebaliknya, Valencia yang memenangi dua duel terakhir kedua klub tanpa Geoffrey Kondogbia, Denis Cheryshev, serta Francis Coquelin. (amr)

Prakiraan Pemain

Arsenal (3-4-2-1): Cech; Sokratis, Koscielny, Monreal; Niles, Xhaka, Torreira, Kolasinac; Iwobi, Mkhitaryan; Lacaeztte

Valencia (4-4-2): Neto; Wass, Garay, Paulista, Gaya; Torres, Soler, Parejo, Guedes; Moreno, Mina

 

Head to head

08/08/09 Valencia 2-0 Arsenal

19/03/03 Valencia 2-1 Arsenal

10/12/02 Arsenal 0-0 Valencia

17/04/01 Valencia 1-0 Arsenal

04/04/01 Arsenal 2-1 Valencia

Lima pertandingan terakhir Arsenal

28/04/19 Leicester 3-0 Arsenal

24/4/19 Wolverhampton 3-1 Arsenal

21/04/19 Arsenal 2-3 Crystal Palace

18/04/19 Napoli 0-1 Arsenal

15/04/19 Watford 0-1 Arsenal

Lima pertandingan terakhir Valencia

28/04/19 Valencia 0-1 Eibar

24/04/19 Atletico Madrid 3-2 Valencia

21/04/19 Real Betis 1-2 Valencia

18/04/19 Valencia 2-0 Villareal

14/04/19 Valencia 3-1 Levante

KEY PLAYERS

ARSENAL

Top skor

Pierre Emerick Aubameyang: 4

Sokratis: 2

Aaron ramsey: 2

Top assist

Nacho Monreal: 2

Henrikh Mkhitaryan: 2

Granit Xhaka: 2

VALENCIA

Top skor

Goncalo Guedes: 3

Rodrigo Moreno: 2

Kevin Gameiro: 1

Top assist

Kevin Gameiro: 2

Denis Cheryshev: 2

Daniel Wass: 1

DATA DAN FAKTA
Arsenal telah memenangkan 3 pertandingan terakhir mereka di Liga Eropa.

Arsenal tidak kebobolan dalam 9 dari 11 pertandingan terakhir mereka di Liga Europa.
Kekalahan 2-3 dari Crystal Palace, 21 April lalu mengakhiri delapan kemenangan kandang mereka secara beruntun sepanjang 2019.
Valencia memenangkan 6 dari 7 pertandingan terakhir mereka di Liga Europa.
Valencia yang sebelumnya tidak terkalahkan sejak tersingkir dari Liga Champions ke Liga Europa (menang 5, imbang 1) sudah menelan dua kekalahan berturut-turut di La Liga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.