3 Alasan Penting Konsumsi Gizi Seimbang Saat Puasa

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Sebentar lagi, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Biasanya akan banyak undangan buka puasa bersama dengan teman-teman di sejumlah resto. Sayangnya, tak semua individu punya kesadaran tinggi memilih asupan menu yang seimbang saat berbuka.

Tubuh akan berpuasa sejak sahur hingga berbuka saat Magrib tiba. Maka tubuh memerlukan asupan cairan dan gizi seimbang.

Menu berbuka yang dipilih juga harus memberikan kecukupan vitamin dan mineral. Dari mulai makanan pembuka atau takjil yang manis, air putih yang cukup, nasi atau karbo, lauk pauk, sayur, hingga makanan penutup. Dilansir dari Healthline, Jumat (3/5) ada beberapa alasan mengapa seseorang harus mengonsumsi gizi seimbang saat berpuasa.

Tubuh Butuh Kalori

Puasa membuat tubuh beristrirahat dari makanan dan minuman untuk jangka waktu tertentu. Tubuh tetap membutuhkan kalori dengan batas yang tepat. Cara ini dapat membantu tubuh mengurangi beberapa risiko yang terkait dengan puasa, seperti pingsan, lapar, dan tidak fokus.

Harus Tetap Terhidrasi

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala sehingga sangat penting untuk minum cukup cairan saat puasa. Sebagian besar otoritas kesehatan merekomendasikan aturan 8 delapan gelas (2 liter) cairan setiap hari agar tetap terhidrasi. Bahkan bisa ditambah. Selama berpuasa, bisa minum 8,5-13 gelas (2-3 liter) air sepanjang hari.

Tubuh Butuh Protein

Banyak orang mulai berpuasa sebagai cara untuk mencoba menurunkan berat badan. Namun, kekurangan kalori dapat menyebabkan kehilangan otot selain lemak. Salah satu cara untuk meminimalkan kehilangan otot saat puasa mengonsumsi cukup banyak protein. Konsumsi protein pada saat puasa dapat membantu mengimbangi beberapa efek samping puasa, maka puasa jadi lebih mudah.

Bicara soal memenuhi kebutuhan gizi saat Ramadan, HokBen menghadirkan kembali Bento Ramadan. Tentunya dengan menu gizi seimbang dan halal. Bento Ramadan terdiri dari nasi, salad, menu utama (chicken teriyaki/chicken yakiniku/beef teriyaki/beef yakiniku) dan juga menu goreng (egg chicken roll/udang roll /bola tori/ebi furai) yang disajikan dalam satu paket.

Baca: 8 Alasan Anda Butuh Tidur yang Cukup

“Kami mempertimbangkan aneka komposisi menu manis seperti kurma, kue dan wafer cokelat kami hidangkan karena setelah seharian berpuasa, tubuh butuh energi selain gizi seimbang dengan sayur dan lauk pauk sesuai saran Kementerian Kesehatan,” jelas Kepala Grup Pemasaran dan Komunikasi PT. Eka Bogainti Francisca Lucky, dalam konferensi pers. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...