Bangkitkan Semangat Enterprenuer, Mahasiswa UMMA Maros Kunjungan Industri

Jumat, 3 Mei 2019 - 07:51 WIB

FAJAR.CO.ID — Perkembangan zaman membuat sektor industri berbasis teknologi juga berkembang secara alamiah. Pelaku binis terus menggali lebih dalam inovasi untuk meningkatkan kualitas produknya.

Star up bermunculan dengan inovasi produk yang kekinian. Begitu pun di kalangan mahasiswa yang berlomba-lomba terjun langsung ke lapangan guna melihat dan mempelajari proses produksi salah satu pabrik produk makanan dan minuman dalam kemasan.

Sebanyak 80 peserta di antaranya mahasiswa dan dosen pendamping sebagai pengampuh mata kuliah Bisnis pada program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Maros (UMMA).

Mereka berbaur untuk melakukan kegiatan kunjungan industri ke lokasi pabrik PT Mayora Group. Lokasi itu merupakan salah satu brand produk ternama di Indonesia. Kunjungan berlangsung pada 25 April 2019 yang bertempat di Jl Poros Malino Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Program kunjungan industri ini merupakan implementasi dari teori-teori bisnis yang mereka peroleh di kelas perkuliahan. Bagi mahasiswa, kegiatan ini merupakan pengalaman berharga karna bisa mmelihat langsung proses produksi yang sebagian besarĀ  menggunakan tenaga mesin dan tidak tersentuh oleh tangan manusia. Ternyata produk yang selama ini tidak asing di kehidupan sehari-hari kita dibuat oleh robot, cerita salah satu mahasiswa pada sesi diskusi.

Dengan mengusung tema prosepek bisnis di era industri 4.0 kegiatan ini di nilai tepat sasaran karna selain menyaksikan langsung pembuatan produk kemasan yang dalam hitungan jam bisa menghasilkan ribuan pcs/unit produk, juga dapat menambah wawasan mahasiswa bahwa kecanggihan teknologi di era ini membuat minimnya tenanga SDM yang dibutuhkan dalam kegiatan industri. Kondisi ini tentu menjadi dilema karna akan menambah kuota pengangguran di Indonesia.

Untuk bisa bersaing di masa yang akan datang, mahasiswa harus mampu menyerap ilmu bisnis dari berbagai sumber salah satunya melalui kunjungan industri. Tujuan utama dalam kegiatan ini di harapkan mahasiswa dapat membangkitkan semangat enterprenuer dengan inovasi-inovasi produk yang dibutuhkan pangsa pasar modern saat ini dan dapat membuka peluang kerja. (*)

Laporan Hasdiana S (Dosen Pengampuh mata kuliah studi kelayakan bisnis)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.