Belajar di Teras Kala Hujan

0 Komentar

Proses belajar mengajar tidak tenang. Sesekali mereka menengadah ke langit.

Laporan: Sirajuddin, Sinjai

ATAP sekolah bocor. Manakala mendung, mereka waswas. Kondisi inilah yang terjadi di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri 1 Dompili, Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur.
Atap sekolah sudah tidak layak. banyak bocor, seng sudah karatan dan tidak ada plafon. Musim hujan seperti saat ini, guru dan murid berpindah-pindah tempat belajar.

Ketika hujan mengguyur, mereka segera merapikan alat tulis menulis untuk pindah ke teras. Ruangan tidak bisa dipakai.
“Kalau sudah reda hujannya, kita bersihkan supaya bisa dipakai kembali, begtu yang kami lakukan terus menerus,” kata Kepala TK Negeri 1 Dompili, Muliyati, Kamis, 2 Mei.

Bukan hanya itu, kayu rangka atap sudah lapuk. Sangat berbahaya bagi keselamatan guru dan murid. Namun, mereka tetap melanjutkan proses belajar. Meski hanya berlantaikan karpet plastik, meja panjang, dan tanpa kursi.
Muliyati menyebut sekolah ini mulai dibangun pada 1970. Sampai 2019, belum pernah dilakukan renovasi. Beberapa tahun lalu, ia mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan Sinjai untuk mendapat perhatian.

Sayang, diarahkan untuk meminta bantuan dari pemerintah desa melalui anggaran dana desa.
“Kami sudah lakukan itu, bahkan siap menjadikan sekolah ini aset desa karena sebelumnya masih milik yayasan, tetap tidak ada juga respons,” bebernya.
Oleh karena itu dia kembali memasukkan proposal ke dinas pendidikan agar mendapat bantuan perbaikan. “Kami sudah masukkan proposalnya, kami dijanji lagi tahun 2020, semoga bisa kami dibantu,” harapnya.

Kepala Desa Saukang, Abd Razak irit bicara saat dikonfirmasi hal tersebut. Menurutnya, fasilitas pendidikan merupakan kewenangan kabupaten.
“Langsung saja ke dinas pendidikan tanyakan. Kami di desa tidak bisa anggarkan, karena tidak dibolehkan,” singkatnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Suryanto Asapa menyebut pihaknya telah merencanakan sejumlah pembangunan infrastruktur sekolah tahun ini.
“Sudah masuk semua dalam perencanaan yang telah diusulkan. Saya akan cek kembali sekolah itu, tetapi intinya kami tetap memberikan perhatian kepada sekolah yang membutuhkan bantuan,” janjinya. (*/rif-zuk)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...