Harga Bawang Putih Melejit di Bone


FAJAR.CO.ID,WATAMPONE — Satgas Pangan Polres Bone, melaksanakan monitoring harga pangan di pasar dan memastikan ketersediaan stok pangan di Kabupaten Bone, menjelang ramadan.

Satgas dipimpin langsung oleh Kanit Ekonomi Ipda Dodie Ramaputra, melaksanakan monitoring harga pangan di pasar dan memastikan ketersediaan stok pangan di Bone, menjelang memasuki ramadan.

” Ditemukan beberapa komoditi pangan mengalami kenaikan seperti telur, ayam, cabai merah, cabai rawit, namun kenaikannya masih wajar menjelang bulan ramadan,” kata Ipda Dodie. Jumat, 3 Mei.

Kumoditi yang mengalami kenaikan cukup signifikan lanjut Ipda Dodir adalah bawang putih yang saat ini harganya menacapai Rp50 ribu rupiah per kilogramnya.

” Untuk komoditi lain seperti beras, kedelai, jagung, gula, daging, ikan, dll tetap stabil.” jelasnya.

Untuk bawang putih sendiri khusus Kabupaten Bone memperoleh pasokan dari daerah lain yaitu Enrekang dan Gowa, sehingga di sini sangat tergantung suplai dari dua daerah tersebut.

” Selain itu faktor cuaca curah hujan yang cukup tinggi sangan mempengaruhi produktifitas petani bawang putih, sehingga menyebabkan berkurangnya stok bawang putih,” tuturnya.

Dengan adanya temuan kenaikan harga ini kami selaku Satgas Pangan Polres Bone akan berkoodinasi denga  stakeholder terkait yakni Dinas Perdagangan, Pertanian, Peternakan, dan Bulog, untuk menelusuri penyebab terjadinya lonjakan harga ini, mulai dari harga di pentani atau peternak, pedagang, sampai pada konsumen. (bay)

loading...

Komentar

Loading...