Ekonomi Digital Perlu Terus Didorong

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komentrian Komunikasi dan Informatika melaksanakan sosialisasi Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 di Politeknik Negeri Ujung Pandang, Jumat 3 Mei 2019.

Sosialisasi ini dilaksanakan mengenalkan dan menjelaskan lebih dalam lagi tentang program DTS 2019 ini kepada calon peserta. Acara ini dibuka Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kemkominfo, Ir Ruslan Harun, MM.

Adapun narasumber kegiatan diantaranya; Kepala Litbang SDM Kementrian Komunikasi dan Informatika, Dr Ir Basuki Yusuf Iskandar, MA dan Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang, Ir. Muhammad Anshar, M.Si, Ph.D.

Basuki Yusuf dalam pemaparannya menyampaikan untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor swasta, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital

Ir. Muhammad Anshar, M.Si, Ph.D. menekankan pentingnya sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah, khususnya bagi lulusan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Pemaparan DTS ini, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh ibu Dr. Ir. Hafsah Nirwana, MT, Ketua Jurusan Teknik Elektro selaku moderator.

Digital Talent Scholarship (DTS) adalah program beasiswa pelatihan intensif dan sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing SDM TIK Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0.

DTS 2019 memiliki beberapa program akademi yaitu :

1. Fresh Graduate Academy_ (FGA)
2. Vocational School Graduate Academy_ (VSGA)
3. Coding Teacher Academy_ (CTA)
4. Online Academy_ (OA

Lokasi Penyelenggaraan tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua, dan tersedia juga pelatihan online_.

Vocational School Graduate Academy (VSGA) sebagai salah satu akademi DTS 2019 merupakan program pelatihan bidang TIK yang berfokus dalam peningkatan kompetensi bagi 5.225 orang lulusan SMK yang belum bekerja.

Program VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, dan Intermediate Animator

Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan 23 politeknik negeri yang tersebar di seluruh Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP).
Politeknik dalam program ini berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai skema pelatihan. Politeknik Negeri Ujung Pandang merupakan salah satu mitra VSGA ini.

Penyelenggaraan program VSGA berlangsung selama 72 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi.

Dalam penyelenggaraan program VSGA, Pada akhir pelatihan, peserta pelatihan akan disertifikasi kompetensi berbasis SKKNI oleh LSP.

Diharapkan, dengan terselenggaranya program VSGA ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi.

Peserta yang berminat pada workshop akademi VSGA untuk lokasi Politeknik Negeri Ujung Pandang dapat mendaftar melalui website : http://digitalent.kominfo.go.id mulai 20 April sd 19 Mei 2019. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...