Kelompok Pendukung Jokowi dan Prabowo Bertemu di Karnaval, Ini yang Terjadi

Sabtu, 4 Mei 2019 - 10:07 WIB
Karnaval

FAJAR.CO.ID,JAKARTA–Kelompok pendukung Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Cilincing Jakarta Utara membuat acara yang luar biasa inspiratif.

Mereka melupakan rivalitas politik selama berbulan-bulan masa kampanye. Para pendukung garis keras masing-masing kandidat bersatu membikin karnaval ratusan anak, di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jumat (3/5) malam.

Pawai yang menandakan kekompakan para ‘die-hard’ pendukung 01 dan 02 itu melibatkan ratusan anak dari lima Tempat Pendidikan Alquran di sekitar lokasi acara.

Selain karnaval yang menyusuri sepanjang Jalan Kalibaru Timur, acara tersebut juga diisi dengan tausiah dari Ustaz Gunawan Quraish dan dihibur dengan seni hadrah dari majelis taklim daerah sekitar.

Ratusan anak dan warga menyusuri sepanjang jalan Kalibaru Timur hingga kembali ke lokasi tempat acara syukuran. Kebekuan politik selama berbulan-bulan telah mencair. Jalanan di lokasi penuh sesak oleh keceriaan warga beserta anak-anaknya yang melebur.

Tabuhan musik hadrah membuat suasana semakin semarak. Ada pula yang berkostum ondel-ondel khas Betawi. Tak tersisa lagi perdebatan politik yang terjadi sebelumnya.

”Alhamdulillah, senang sekali semuanya guyub. Tak ada lagi 01 atau 02, yang ada adalah semua cinta Indonesia,” kata Ketua RW 05 Kelurahan Kalibaru, Nasikin.

”Apalagi ini menyambut bulan suci Ramadan, akan lebih afdal jika semua warga saling bersilaturahmi. Warga kami berharap kekompakan ini bisa menginspirasi warga di kampung-kampung seluruh Indonesia. Pilpres sudah berlalu, jangan ribut terus, ayo bersatu lagi,” imbuh Nasikin.

Perwakilan pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Gofur menyampaikan, acara yang digagas bersama teman-teman pendukung Prabowo ini sebagai wujud para pendukung kedua belah pihak telah bersatu kembali. “Terkait pengumuman resmi KPU, ya kita mesti harus bersabar, semua kita serahkan kepada KPU,” ucapnya.

Masih di tempat yang sama, pendukung Prabowo, Winarno menuturkan, dalam situasi politik yang pernah sangat panas, semua pihak kini wajib membuat adem di bawah. ”Di bawah harus kondusif, kita bertetangga, berteman sudah puluhan tahun, masa persahabata itu harus hancur lebur karena perbedaan pilihan capres,” kata Winarno.

Lebih lanjut ia menambahkan, “Kalau urusan menang dan kalah biarkan yang di atas,” pungkas dia. Sementara itu, dalam tausiahnya, Ustaz Gunawan Quraish mengajak masyarakat dan kedua pendukung paslon capres dan cawapres untuk bersama-sama memasuki masjid.

“Insyaallah sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadan, oleh karena itu, yuk pendukung Jokowi dan pendukung Prabowo bersatu bersama memasuki musala, memasuki Masjid,” kata Ustaz Gunawan kepada masyarakat dan kedua pendukung. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.