Apakah Mohamed Salah dan Mane Berpuasa saat Hadapi Barcelona?

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool membutuhkan kinerja luar biasa dari para penyerangnya saat menghadapi Barcelona di leg kedua babak semifinal Liga Champions, tengah pekan nanti. Setelah kalah 0-3 di Spanyol, mereka wajib menang empat gol di Anfield Stadium untuk membalikkan keadaan dan lolos ke babak final.

Dengan kebutuhan akan gol yang begitu banyak, mau tidak mau, Liverpool akan berharap banyak pada ketajaman Mohamed Salah dan Sadio Mane. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana mereka akan bermain maksimal ketika keduanya juga harus menjalani puasa Ramadan yang bertepatan dengan pertandingan.

Seperti diketahui, Salah dan Mane adalah muslim yang taat. Setiap kali mencetak gol untuk timnya, mereka pun rutin melakukan sujud syukur sebagai bentuk terima kasih mereka kepada Allah swt. Khusus Mane, ia adalah anak seorang imam masjid di Senegal.

Di Inggris, Sahur dilakukan pada pukul 02:30 dan berbuka puasa sekitar pukul 20:33. Ini berarti para pemain bola tidak akan mengonsumsi nutrisi apa pun selama lebih dari 12 jam, yang dapat terbukti sangat membebani jika harusmenggunakan energi fisik dalam jumlah yang luar biasa di lapangan.

Kickoff semifinal Liga Champions sendiri akan berlangsung pukul 20.00 waktu setempat. Dengan demikian, kalau mau berpuasa pada Rabu mendatang, Salah dan Mane akan berbuka saat jeda babak kedua. Namun, sejauh ini belum ada pernyataan dari kedua pemain muslim tersebut tentang rencana mereka.

Ini bukan kali pertama Salah dan Mane melakoni laga penting di bulan Ramadan. Tahun lalu, mereka juga mempersiapkan laga final Liga Champions di tengah suasana Ramadan. Sebelum pertandingan, Salah menegaskan akan tetap berpuasa. Akan tetapi, ia kemudian memutuskan tidak melakukannya dan menggantinya sebagaimana ketentuan dalam Islam.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp sendiri tidak mau mencampuri hal ini. “Agama itu pribadi, bagaimana saya memahaminya. Tidak ada yang perlu dikatakan tentang itu tetapi semua baik-baik saja kamu akan melihatnya di luar sana. Dalam pelatihan dia penuh kekuatan,” kata Klopp dalam konferensi pers sebelum pertandingan final Mei tahun lalu. (Goal/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...