Model Tak Berubah, Apple Laporkan Penurunan Penjualan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKRTA — Apple dilaporkan mengalami penurunan penjualan dari model iPhone bersamaan tren penurunan pengiriman perangkat handphone (Hp) secara global. Harga jual dan periode penggantian Hp oleh konsumen yang semakin lama menjadi alasannya.

Diolah dari data Canalys yang dilansir Gizmochina, Minggu (5/5), pengiriman Hp secara global turun 6,8 persen dari 336,8 juta unit pengiriman pada kuartal pertama tahun lalu menjadi 212 juta periode sama tahun ini.

Apple mendapati penurunan terburuk tahun ini yakni 23,2 persen. Ini merupakan penurunan paling tajam dengan jumlah pengiriman dari 52,2 juta unit di kuartal 1 2018, menjadi 40,2 juta unit periode sama tahun ini.

Penurunan tersebut membuat Apple merugi hingga 30 persen, ini sangat buruk dibandingkan beberapa produsen Hp teratas lainnya. Dua pasar yang sangat berkontribusi terhadap total penurunan Apple ialah Amerika Serikat dan Cina.

Tren penurunan juga terjadi pada Xiaomi sebesar 10,2 persen, sementara Oppo sekitar 6 persen. Meski permintaan Galaxy S10 cukup kuat, Samsung pun berjuang untuk mendorong penjualannya di tengah penurunan sebesar 10 persen.

Menurut analis Canalys, Ben Stanton, beberapa faktor yang mendorong penurunan penjualan Hp belakangan ini seperti kenaikan harga jual rata-rata, perangkat high-end serta periode penggantian perangkat oleh pengguna menjadi lebih lama.

Berbeda lagi dengan Huawei, yang justru mendulang keuntungan besar. Huawei berhasil mengirimkan 59,1 juta unit pada kuartal pertama 2019, meningkat dari periode sama tahun lalu hanya 39,3 juta unit. (mg9/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...