Muslimnesia Rujukan Muslim Muda Dalam Beribadah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia merupakan negara dengan jumlah penganut agama Islam terbesar di dunia. Persentase muslim di Indonesia sebesar 87,180% dibandingkan keseluruhan penduduk, yakni lebih dari 207 juta jiwal. Diprediksi, jumlah tersebut akan didominasi oleh generasi milenial pada 2020.

“Disinilah terdapat irisan besar generasi muslim muda yang berkarakter khas yakni modern, lekat dengan teknologi, berdaya beli tinggi sekaligus religius,” kata Lilik Purwandi, Peneliti Alvara Research Center pada peluncuran aplikasi Muslimnesia di Kebayoran Baru, Jakarta baru-baru ini.

Lebih lanjut ia memaparkan riset Alvara Research Center 2017 menyebut bahwa sebagian besar masyarakat muslim Indonesia mengaku terlibat acara keagamaan setidaknya sekali setiap pekan (36,6%), bahkan lebih dari satu kali per minggu (34,4%). Data ini turut didukung fakta bahwa peminat produk/layanan halal di Indonesia turut tumbuha.

Fakta inilah yang mendasari Ariani Rudjito berkolaborasi dengan Billtraviano Harda dan Muhammad Assad mendirikan Muslimnesia, serta melibatkan Adrian Maulana selaku Co-Founder Muslimnesia. Aplikasi ponsel pintar yang hadir sebagai referensi andal kebutuhan belajar dan mendalami ilmu agama islam.

“Aplikasi ini hadir sebagai solusi tepat menjawab kebutuhan generasi muslim muda modern Indonesia yang beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan pesat dalam mendalami ajaran agama serta menerapkan kaidah islam dalam hidup sehari-hari,” ujar Ariani.

Tak hanya kesadaran berpakaian lebih sesuali syariat, namun juga beranjak ke penerapan kaidah islam lebih mendalam seperti tepat waktu beribadah, menyematkan doa dalam segada aktivitas, hingga penggunaan produk halal.

Ariani menjelaskan Muslimnesia menjembatani muslim muda Indonesia dalam mempelajari dan mengimplementasikan islami. Ini merupakan aplikasi rujukan yang menyajikan wawasan ke-lslam-an yang lengkap sekaligus praktis sebagai pendukung gaya hidup Islami sehari-hari dalam membangun gaya hidup halal dan berkah.

Menjawab kebutuhan tersebut, Muslimnesia berupaya memberikan pencerahan melalui fitur-fitur unggulannya, meliputi;

– Cari Masjid: menyajikan informasi masjid terdekat berbasis lokasi, memudahkan pengguna untuk menjalankan ibadah salat wajib ataupun sunah.

– Jadwal Kajian: menyediakan informasi jadwal belajar mengenai islam (majelis talim), juga berbasis kedekatan lokasi; interaktif dan memungkinkan pengguna untuk memilih/menentukan topik dan ustad pembimbing materi, serta dikembangkan untuk hadir dalam bentuk podcast.

– Halal Radar: memberikan informasi tempat dan sarana publik yang telah memberikan pelayanan halal dan fasilitas yang islami/syariah (rumah sakit, hotel dan restoran) berbasas kedekatan lokasi.

– Sedekah: membantu kalangan muslim muda bersedekah secara simplistis dengan pilihan kegiatan filantropi yang beragam; Muslimnesia berkolaborasi dengan Iembaga pengelola dana sosial terkemuka antara lain Rumah Zakat dan ACT, sebagai mitra penyalur donasi.

Tak terkecuali fitur seperti “Quran dan Doa”, “Waktu Sholat”, “Kiblat” dan “Jadwal Puasa” yang simpel dan memudahkan pengguna menjalankan rangkaian ibadah wajib ataupun sunah.

“Karya asli anak bangsa Indonesia ini hadir sebagai solusi yang memahami betul kebutuhan muslim muda modern di Tanah Air, yang tersampaikan melalui ragam fitur segar dan desain aplikasi simpel,” ujar Adrian Maulana Co-Founder.

Mengusung harapan #SiapLebihBaik, jelang bulan Ramadan 1440H, Muslimnesia gagas kampanye perdana #SiapSiapRamadan dengan memperkuat fitur kustom berciri Ramadan. Untuk memotivasi muslim muda modern Indonesia mengoptimalkan ramadan sebagai momen untuk perubahan diri yang lebih baik, Muslimnesia melengkapi fitur-fiturnya dengan informasi dan Iayanan yang bantu pengguna beribadah sepanjang Ramadan seperti:

– Sedekah: menawarkan paket sembako, berbuka puasa, Hari Raya Idul Fitri, dan paket lam.

– Jadwal Kajian: menambahkan pilihan Alokasi tarawih dan ustad penceramah di bulan Ramadan.

– Hingga menu yang dukung Ramadan berjalan lebih baik seperti pengingat imsak serta amkel~ artikel khusus Ramadan

“Dengan fitur-fitur inovatif kami berharap mampu memadu kontribusi nyata untuk menghubungkan kalangan muslim muda modern Indonesia lewat sentra informasi terpercaya sehingga menumbuhkan semangat belajar dan menerapkan kaidah Islam secara lebih baik,” tutup Ariani.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Andin Andin

Comment

Loading...