Preview Manchester City vs Leicester: Rodgers Ingin Bantu Liverpool

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City dua langkah lagi akan jadi jawara Premier League. Tapi, mereka harus hati-hati. Leicester City yang datang bertamu, dinihari nanti bisa jadi penjegal.

Dengan performa bagus mereka bersama Brendan Rodgers, masuk akal jika tim tamu punya keyakinan mengubur mimpi City mempertahankan gelar yang mereka raih musim lalu. Sebagaimana diketahui, tiga dari lima pertandingan terakhir mampu dimenangkan The Foxes.

Paling anyar, mereka menggasak raksasa London Utara, Arsenal di King Power Stadium tiga gol tanpa balas. Hasil itu membuat The Gunners, julukan Arsenal kini kesulitan finis di empat besar dan terancam absen di Liga Champions musim depan.

Situasi sama bisa dialami The Citizens jika mereka lengah. Pasukan Pep Guardiola bisa saja akan gigit jari kalau Leicester mampu mencuri poin di Etihad Stadium pada pekan ke-37 Premier League ini. Tidak harus tiga. Satu poin sudah cukup menjadikan Rodgers tokoh antagonis dalam upaya City mempertahankan gelar.

Kalau imbang, The Sky Blues yang kini mengoleksi poin 92 akan tertahan di posisi kedua dengan selisih satu angka dari sang rival. Secara otomatis, kendali akan beralih ke Liverpool. Dan situasi bakal menjadi lebih sulit lagi kalau melihat jadwal mereka.

Seperti diketahui, Liverpool akan melakoni laga kandang pada matchday terakhir kontra Wolverhampton Wanderers. Sebaliknya, City harus melawat ke markas Brighton & Hove Albion untuk laga pamungkas yang akan digelar serentak pada 14 Mei mendatang.

Menang apalagi mencuri satu angka di Etihad jelas bukan hal mustahil bagi Rodgers dan pasukannya. Dalam dua pertemuan terakhir, City tidak mampu mengalahkan Leicester dalam 90 menit. Bahkan, di pertemuan terakhir kedua klub, Desember tahun lalu, City keok di King Power Stadium.

Rodgers sebagai mantan pelatih Liverpool juga sudah “kode” pada fans The Reds bahwa timnya akan bertarung menjegal City. Ia secara terbuka menegaskan The Foxes akan memainkan peran dalam perburuan gelar ini.  “Bagi kami, kami harus terlibat dan memainkan peran kami di dalamnya. Itu adalah pertarungan yang menarik untuk ikut terlibat,” katanya kepada Sky Sports.

Lontaran pernyataan itu jelas indikasi rencana jahat Rodgers menjegal City dan membantu mantan tim asuhannya. Dan sepertinya ia cukup percaya diri akan misinya tersebut. “Tentu saja para pendukung Liverpool akan melihatnya mungkin sebagai peluang,” tegasnya.

“Dengan penampilan kami saat ini dan cara kami bekerja, mereka akan melihatnya sebagai kemungkinan dan, dengan pemain yang kami miliki, kami bisa melihatnya sebagai kemungkinan. Dengan pemain yang kami miliki, kami tahu kami bisa mencetak gol,” tandasnya.

Gelagat adanya rencana jahat Rodgers ini sudah dibaca Pep Guardiola. Makanya, sejak awal ia sudah mengingatkan anak asuhnya. “Mereka memiliki kualitas dan yang bisa kita lakukan adalah fokus pada itu. Saya mengharapkan mereka untuk menekan dan bermain pada serangan balik – mereka akan menyerang,” kata Pep di situs City.

Pep yakin keinginan Rodgers terlibat dalam penentuan kampiun tidak bisa diabaikan. Rodgres yang memberi lima kemenangan dalam delapan laga terakhir Si Rubah menurut Pep adalah sosok pelatih hebat. “Sekarang, dengan Brendan Rodgers, mereka mengontrol bagian permainan jadi saya pikir dia telah menunjukkan kualitasnya sebagai manajer,” pujinya.

Selain itu, Pep memang mengakui kualitas pemain Leicetser. “Di depan, dengan Harvey Barnes dan Demarai Grey, mereka sangat cepat. Mereka memiliki kualitas luar biasa. Jamie Vardy telah melakukan yang luar biasa di liga ini – dia adalah striker yang luar biasa dan gerakan serta penyelesaiannya (sangat bagus),” ujarnya.

Bernardo Silva juga memberi peringatan sama pada rekannya. Meski demikian, gelandang Portugal itu yakin status tuan rumah akan membantu mereka. “Kami bermain di kandang melawan Leicester dan itu sangat penting – penggemar kami akan ada di sana mendukung kami,” kata Silva.

 

Tim tamu hanya akan kehilangan Daniel Amartey di laga ini. Sebaliknya, City tanpa Kevin De Bruyne dan masih harus menunggu perkembang Benjamin Mendy serta Fernandinho. Dua nama terakhir sudah berlatih, tetapi Pep tidak bisa menggaransi mereka bisa tampil. Dengan begitu, Ilkay Gundogan dan Olaksandr Zinchenko diprediksi jadi starter. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Laporte, Zinchenko; D. Silva, Gundogan, B. Silva; Sterling, Aguero, Sane

Leicester City (4-5-1): Schmeichel; Pereira, Evans, Maguire, Chilwell; Albrighton, Tielemans, Ndidi, Choudhury, Madisson; Vardy

Head to head

26/12/18 Leicester 2-1 Menchester City

18/12/18 Leicester 1-1 Menchester City

10/02/18 Menchester City 5-1 Leicester

19/12/17 Leicester 1-1 Menchester City

18/11/17 Leicester 0-2 Menchester City

Lima pertandingan terakhir Menchester City

28/04/19 Burnley 0-1 Menchester City

24/04/19 Manchester United 0-2 Menchester City

20/04/19 Menchester City 1-0 Tottenham

17/04/19 Menchester City 4-3 Tottenham

14/04/19 Crystal Palace 1-3 Menchester City

Lima pertandingan terakhir Leicester

28/04/19 Leicester 3-0 Arsenal

20/04/19 West Ham 2-2 Leicester

12/04/19 Leicester 0-1 Newacastle

06/04/19 Huddersfield 1-4 Leicester

30/03/19 Leicester 2-0 Bournemouth

KEY PLAYERS

MANCHESTER CITY

Top skor

Sergio Aguero: 20

Raheem Sterling: 17

Leroy Sane: 10

Top assist

Raheem Sterling: 10

Leroy Sane: 10

Sergio Aguero: 8

LEICESTER CITY

Top skor

Jamie Vardy: 18

James Maddison: 7

Demarai Gray: 4

Top assist

James Maddison: 7

Ricardo Pereira: 6

Jamie Vardy: 4

DATA DAN FAKTA
Manchester City memenangkan 12 pertandingan terakhir mereka di Premier League.
Manchester City clean sheet 5 kali dari 7 pertandingan kandang terakhir mereka di Premier League.
Manchester City mencetak setidaknya 2 gol dalam 5 dari 6 pertandingan kandang terakhir mereka melawan Leicester di semua kompetisi.

Manchester City memenangkan 17 dari 18 pertandingan kandang mereka di Premier League musim ini.

Leicester City memenangkan lima dari delapan laga terakhir mereka bersama Brendan Rodgres

Leicester City mencetak setidaknya 2 gol dalam 6 dari 7 pertandingan terakhir mereka di Premier League.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...