Preview Liverpool vs Barcelona: Mission Impossible

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool wajib berpesta gol untuk memburu defisit tiga gol dari Barcelona di leg kedua babak semifinal Liga Champions. Butuh keajaiban dan mungkin ini adalah mission impossible.

Ada beberapa alasan yang membuat upaya Liverpool untuk membalik keadaan sepertinya sangat sulit meski akan bermain di Anfield Stadium. Selain harus menang minimal dengan selisih empat gol, mereka juga tidak dalam kondisi terbaiknya.

Untuk dini hari nanti, Roberto Firmino dan Naby Keita dipastikan absen karena cedera. Pada saat bersamaan, Mohamed Salah juga masih harus ditunggu perkembangan terakhirnya setelah cedera kepala di markas Newcastle United, awal pekan kemarin.

“Mo terkena pinggul kiper di kepalanya dan dokter harus membuat keputusan. Dia baik-baik saja tetapi kita harus menunggu. Untuk Barcelona saya tidak tahu. Saya tidak bisa menulis tajuk utama Anda. Saya mengatakan apa yang harus saya katakan,” kata Manajer Liverpool, Juergen Klopp di The Kop Times.

Salah mungkin akan bisa bermain di pertandingan ini. Namun, kehilangan Firmino dan Keita sudah cukup menggerus daya dobrak The Reds. Itu bisa dilihat di Camp Nou ketika Keita cedera di babak pertama dan Firmino baru bisa dimainkan menit-menit akhir karena tidak dalam kondisi fit.

Faktor fisik juga bakal sangat merepotkan tuan rumah. Seperti diketahui, Liverpool harus bertarung habis-habisan di St James Park sebelum menang 3-2 atas Newcastle. Sementara di saat bersamaan, 11 pemain inti Barca mendapat istirahat dari pelatih Ernesto Valverde saat mereka kalah 0-2 dari Celta Vigo.

Namun, melihat bagaimana pemainnya mengalahkan Newcastle, Klopp tampaknya tidak mau menyerah begitu saja. Menurutnya, pemain Liverpool belakangan ini bermain sangat luar biasa dan bertarung di lapangan dengan penuh kebanggaan.

“Saya sudah lama menerima bahwa kita melakukan segalanya, benar-benar segalanya, para pemain melempar apa pun yang mereka miliki di lapangan. Anak-anak mencoba segalanya. Mereka mencoba segalanya untuk memenangkan permainan. Semuanya baik,” tegasnya di situs klub.

Bek Liverpool, Andy Robertson menambahkan, mereka ditunggu dua pertandingan besar di Anfield. Selain menghadapi Barcelona, mereka juga akan ditantang Wolverhampton Wanderers di laga pamungkas Premier League. Di dua laga ini, Robertson menegaskan mereka harus bekerja keras dan berharap sedikit keberuntungan.

“Ini akan menjadi kesempatan yang hebat terlepas dari semua, pertama-tama hari Selasa [Rabu melawan Barcelona], tugas yang sangat berat tetapi jika kami bisa mendapatkan sedikit keberuntungan maka semoga kami akan maju,”  kata Robertson.

Datang dengan kondisi bugar dan hanya membutuhkan hasil imbang atau maksimal kalah dua gol untuk melaju ke final, kubu Barca tidak ingin lengah. Pelatih Barca, Ernesto Valverde menegaskan bahwa kemenangan 3-0 di leg pertama bukanlah garansi mereka ke partai puncak.

Trauma babak delapan besar musim lalu ketika mereka disingkirkan AS Roma usai menang 4-1 di Camp Nou jadi alasan Valverde tak mau meremehkan Liverpool. “Liverpool adalah tim yang bisa membuat lawan menderita. Dan tentu saja tahun lalu kami memiliki keunggulan tiga gol di perempat final. Dan kami tersingkir,” tegasnya di Super Sport.

Peringatan senada datang dari sang superstar, Lionel Messi yang mencetak dua gol di leg pertama. “Ini (kemenangan 3-0) hasil yang sangat bagus tapi kami akan pergi ke stadion yang sangat sulit, dengan banyak sejarah, dan itu membuat Anda di bawah banyak tekanan. Kami tahu ini belum berakhir,” kata Messi mengingatkan.

Pada pertandingan ini, Ousmane Dembele harus absen karena mengalami cedera di markas Celta Vigo. Kendati masih punya Philippe Coutinho sebagai pendamping Messi dan Luis Suarez, Valverde menyebut absennya winger muda Prancis itu sebagai kehilangan besar.

“Dia adalah pemain penting bagi kami dan ini merupakan pukulan besar dengan pertandingan besar yang kami hadapi,” kata Valverde kepada wartawan, seperti dikutip oleh media Spanyol Marca.

Liverpool telah memenangkan tujuh dari delapan pertandingan fase sistem gugur Liga Champions di mana mereka memainkan leg kedua di rumah, termasuk enam yang terakhir. Akan tetapi, Barcelona juga punya catatan bagus dimana mereka lolos 38 kali dari 42 pertandingan di kompetisi UEFA setelah memenangkan leg pertama di kandang. (amr)

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquest, Vidal; Messi, Suarez, Coutinho

Liverpool (4-3-3): Alisson; Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Origi, Mane

 

Head to head

02/05/19 Barcelona 3-0 Liverpool

06/08/16 Liverpool 4-0 Barcelona

06/03/07 Liverpool 0-1 Barcelona

21/02/07 Barcelona 1-2 Liverpool

13/03/02 Barcelona 0-0 Liverpool

Lima pertandingan terakhir Barcelona

05/05/19 Celta Vigo 2-0 Barcelona

02/05/19 Barcelona 3-0 Liverpool

27/04/19 Barcelona 1-0 Levante

23/04/19 Alaves 0-2 Barcelona

20/04/19 Barcelona 2-1 Real Sociedad

Lima pertandingan terakhir Liverpool

05/05/19 Newcastle United 2-3 Liverpool

02/05/19 Barcelona 3-0 Liverpool

26/04/19 Liverpool 5-0 Huddersfield

21/04/19 Cardiff 0-2 Liverpool

17/04/19 Porto 1-4 Liverpool

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...