PDIP, Gerindra, dan Hanura Sama-sama 5 Kursi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TANJUNG SELOR–PDIP mengklaim meraih 5 kursi di DPRD Kalimantan Utara pada Pemilu 2019. Perolehan kursi partai berlambang banteng moncong putih ini sama dengan Gerindra yang juga mengklaim memperoleh 5 kursi.

“Untuk hitungan hasil kami sendiri dari hasil pleno dari kecamatan, Tarakan dapat dua kursi, kemudian Nunukan satu, Bulungan satu, Malinau satu. Artinya, kami mendapatkan 5 kursi,” ujar Bendahara DPW PDIP Kaltara, Norhayati Andris.

Meski perkiraan, perempuan yang juga caleg petahana ini yakin jumlah itu tidak berubah. Karena sudah melalui pleno tingkat kecamatan.

“Ada tiga partai yang mendapatkan lima kursi. Di antaranya PDIP, Gerindra, dan Hanura. Kami juga percaya PDIP mendapatkan suara terbanyak,” ungkapnya.

Karena dari hasil perhitungan internal pihaknya, PDIP memperoleh kurang lebih 39 ribu suara se-Kaltara. Daerah pemilihan (dapil) Tarakan sekira 12.300 suara, Bulungan–KTT sekira 8 ribu suara, Malinau 9 ribuan suara, dan sisanya dari Nunukan.

Terkait klaim PDIP, komisioner KPU Kaltara, Teguh Dwi Subagyo mengatakan hal itu kewenangan parpol. Namun, kepastiannya harus berdasarkan tahapan yang ditetapkan KPU.

Baca: Bongkar Mafia Bola, Lasmi Indaryani Melenggang ke Senayan

Namun, mantan Ketua KPU Tarakan ini menyatakan hasilnya memang sudah bisa diketahui, karena rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota sudah hampir rampung. Nanti, pihaknya tinggal menuangkan saja dalam rekapitulasi tingkat provinsi.

“Selanjutnya, mungkin tanggal 9 (Mei) kami akan laporkan kepada KPU RI. Kemudian KPU RI nanti akan menjadwalkan Kaltara mendapat giliran hari apa, tanggal berapa untuk rekap secara nasional,” jelasnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...