Preview Ajax vs Spurs: Tetap Hormati Tamu

Rabu, 8 Mei 2019 - 08:31 WIB
Ajax harus memberi respek pada Spurs/UEFA

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Tottenham Hotspur belum menyerah dalam perburuan tiket final Liga Champions 2018/2019. Ajax mesti waspada di Johan Cruyff ArenA jika tidak mau berakhir tragis.

Keunggulan 1-0 di London memang sangat vital bagi Ajax. Dengan kemenangan itu, mereka setidaknya hanya membutuhkan hasil imbang di Amsterdam untuk meneruskan langkah ke babak final yang sudah mereka nantikan 23 tahun.

Namun Ajax tetap harus menghormati Spurs, julukan Tottenham, dinihari nanti. Pasalnya, klub Premier League itu datang ke Belanda dengan skuat yang lebih baik ketimbang leg pertama ketika Spurs takluk lewat gol Donny van de Beek. Untuk leg kedua ini, Heung-min Son sudah bisa bermain.

Penyerang Korea Selatan itu sebelumnya absen di London bersama bomber Spurs lainnya, Harry Kane karena akumulasi kartu kuning. Dengan bergabungnya kembali Son dalam starting XI, lini serang tim tamu jelas akan lebih berbahaya.

Seperti diketahui, Son hingga babak semifinal Liga Champions ini melesakkan empat gol untuk The Lilywhite. Yang membuat pertahanan Ajax harus mewaspadainya sebab tiga dari empat gol tersebut dicetak Son ke gawang Manchester City di babak 8 besar.

Tak heran, Manajer Spurs, Mauricio Pochettino cukup percaya diri. “Itu mungkin. Itu mungkin jika Anda bermain dengan berani dan bermain dengan mental pemenang. Itu adalah hal yang paling penting,” tegas Poche dikutip dari FFT.

Setelah hampir dipastikan finis empat besar di Premier League, Spurs bisa sepenuhnya fokus pada Liga Champions. “Ini minggu yang luar biasa dan karena itu kita harus melanjutkan. Apa pun yang terjadi, saya akan merasa bangga,” ujarnya di situs klub.

Selain Son, Spurs bisa menyambut kembali bek sentral, Jan Vertoghen yang menderita gegar otak di leg pertama. Kepada Football London, Pochettino telah mengkonfirmasi bahwa bek Belgia itu bisa turun sebagai starter. “Dia berlatih dengan baik kemarin, saya pikir dia bisa tersedia,” beber pelatih berpaspor Argentina itu.

Gelandang Spurs, Moussa Sissoko menambahkan, laga di Amsterdam tidak akan mudah. Akan tetapi, ia percaya timnya bisa membalikkan keadaan. “Kita harus percaya pada diri kita sendiri karena kita bisa melakukannya. Itu tidak akan menjadi pertandingan yang mudah karena Ajax adalah tim yang baik. Mereka memainkan sepak bola yang bagus tetapi kami memiliki peluang,” jelas Sissoko di The Guardian.

Sudah unggul 1-0 dan baru saja memenangi trofi KNVB Beker dengan mengalahkan Willem II empat gol tanpa balas, Ajax sangat yakin mereka bisa melangkah babak final. Pelatih Erik Ten Hag menegaskan, sukses menjadi kampiun KNVB Beker untuk kali pertama sejak 2010 meningkatkan kepercayaan diri mereka menyongsong akhir musim dimana Ajax berpeluang meraih treble Winner.

“Ini memicu kelaparan. Kita menikmatinya selama 24 jam, setelah itu fokusnya adalah pada hari Rabu (Kamis menghadapi Spurs). Ini adalah skenario yang ideal, kemenangan ini memberi kami dorongan,” kata Ten Hag di BeSoccers.

Ajax yang hanya kalah sekali dalam 19 laga terakhir mereka di Liga Champions akan kehilangan Carel Eiting di leg penentuan ini. Sementara Spurs, selain Kane, mereka juga masih kehilangan Serge Aurier dan Harry Winks.

Seperti dikutip dari BBC, sebelumnya hanya satu dari 17 tim yang kalah di leg pertama di kandang dalam laga semifinal Piala Eropa / Liga Champions yang bisa lolos ke final. Kebetulan, klub itu adalah Ajax. Mereka melakukannya pada 1995/1996. Kalah 0-1 di kandang pada leg pertama, Ajax bangkit menggasak Panathinaikos 3-0 di Yunani. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Ajax (4-3-3): Onana; Mazraoui, Ligt, Blind, Tagliafico; Schone, Jong, Beek; Ziyech, Tadic, Neres

Tottenham (4-3-2-1): Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Sissoko, Wanyama, Eriksen; Alli; Moura, Son

Head to head

01/05/19 Tottenham 0-1 Ajax

16/09/81 Ajax 1-3 Tottenham

29/09/81 Tottenham 3-0 Ajax

Lima pertandingan terakhir Tottenham

05/05/19 Bournemouth 1-0 Tottenham

01/05/19 Tottenham 0-1 Ajax

27/04/19 Tottenham 0-1 West Ham United

23/04/19 Tottenham 1-0 Brighton

20/04/19 Manchester City 1-0 Tottenham

17/04/19 Manchester City 4-3 Tottenham

13/04/19 Tottenham 4-0 Huddersfield

Lima pertandingan terakhir Ajax

05/05/19 Willem II 0-4 Ajax

01/05/19 Tottenham 0-1 Ajax

23/04/19 Ajax 4-2 Vitesse

20/04/19 Groningen 0-1 Ajax

16/04/19 Juventus 1-2 Ajax

13/04/19 Ajax 6-2 Excelsior

10/04/19 Ajax 1-1 Juventus

loading...

One thought on “Preview Ajax vs Spurs: Tetap Hormati Tamu

  1. Whoa! This blog looks just like my old one! It’s on a completely different topic but it has pretty much the same layout and design. Superb choice of colors!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.