Rahasia Daun Alpukat Atasi 7 Masalah Kesehatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Buah alpukat dikenal memiliki kandungan protein dan lemak baik HDL yang kaya. Tak hanya buahnya, daun alpukat juga dikatakan punya banyak manfaat. Terutama bagi pemeliharaan kesehatan.

Diketahui, daun alpukat mengandung nutrisi yang berlimpah bahkan lebih dari buahnya. Seperti kaya akan protein, serat, mineral, dan fitokimia yang berguna bagi kesehatan manusia.

Tidak hanya itu, daun alpukat juga menyimpan beberapa mineral penting. Antara lain magnesium, natrium, mangan, kalsium, besi, seng, kalium, seng, selenium, dan fosfor dalam jumlah yang tepat.

Bahkan, daun alpukat juga memiliki flavonoid dan fenol dalam jumlah yang lebih besar dari buah dan bijinya. Untuk tu, seperti dilansir dari laman The Benefit, Rabu (8/5), daun alpukat bisa mengatasi tujuh masalah kesehatan. Apa saja?

Obat Maag

Maag biasanya terjadi karena adanya asam kuat yang menghancurkan dinding lambung. Daun alpukat memiliki khasiat dalam meredakan maag dan meredakan gastritis serta masalah kembung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bamidale Owoyele dari Universitas Ilorin telah membuktikan bahwa ekstrak daun alpukat memiliki efek anti-ulserogenik untuk meredakan maag sebagai obat tradisional.

Turunkan Kadar Gula Darah

Jika mencari cara alternatif untuk menyembuhkan diabetes dan menurunkan kadar gula darah, Anda bisa menggunakan daun alpukat. Diabetes terjadi ketika pankreas di dalam tubuh berhenti memproduksi insulin. Yakni hormon yang mengatur gula darah dalam metabolisme tubuh. Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan terhadap tikus, daun alpukat memiliki efek hipoglikemik dalam dosis tertentu.

Mengatasi Hipertensi

Tidak hanya menurunkan gula darah, manfaat kesehatan dari daun alpukat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Daun alpukat mengandung magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah darah.

Menurut Gill pada 1992 dan penelitian Lans 2006, daun alpukat dapat menjadi obat yang baik untuk mengurangi hipertensi dan menormalkan sistem kardiovaskular. Akan tetapi perlu diingat bahwa sebelum mengonsumsinya, silakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis.

Obat Diare

Manfaat kesehatan lain dari daun alpukat adalah efeknya dalam menyembuhkan diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri terutama Escherichia coli. Daun alpukat mengandung saponin yang dikenal sebagai salah satu tanaman flavonoid. Sebuah penelitian yang diadakan oleh Departemen Farmasi dan Kimia Obat-Obatan, Universitas Ilorin, Nigeria pada 2013 menemukan bahwa saponin dengan zat phytochemical lainnya dapat secara signifikan mengurangi infeksi bakteri dan membantu menghentikan diare. Cukup konsumsi daunnya jika menderita diare.

Obat Asma

Jika memiliki masalah dengan alergi seperti asma, mungkin daun alpukat dapat membantu untuk mengobati penyakit ini. Daun alpukat mengandung zat yang disebut pinene yang secara langsung dapat mempengaruhi jalan udara di paru-paru dan menyembuhkan serangan asma.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa merebus beberapa lembar daun alpukat dengan dua gelas air. Lalu menambahkan satu sendok makan garam ke dalam larutan. Rebus air sampai tersisa satu gelas, saring dan minum hangat sebelum tidur.

Obat Batu Ginjal

Jika menghadapi masalah dengan batu ginjal, mengonsumsi daun alpukat dapat menjadi alternatif yang baik karena mengandung banyak phytochemical seperti alkaloid, saponin, dan flavonoid. Sehingga memiliki kemampuan untuk menghancurkan batu di dalam ginjal. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari daun alpukat, cukup membuatnya seperti minuman teh.

Caranya dengan merebus 8 lembar daun dalam secangkir air sampai tinggal setengah gelas. Saring dan minum dua kali sehari.

Ringankan Nyeri Punggung

Sebuah studi yang diadakan oleh Adeyemi et al pada tahun 2002 melaporkan bahwa daun alpukat mengandung efek antiinflamasi dan analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit pada beberapa bagian tubuh termasuk nyeri punggung. Studi di Perancis juga menemukan bahwa manfaat kesehatan dari ekstrak daun alpukat juga dapat merangsang perbaikan tulang rawan dan menyembuhkan rasa sakit sebagai efek dari obat anti-inflamasi. Untuk meredakan sakit punggung, Anda dapat mengonsumsi rebusan daun alpukat. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar