Stabilkan Harga Telur, Mentan Lakukan Operasi Pasar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Melambungnya harga telur ayam ras di beberapa pasar di Jakarta per dua hari ini, membuat Kementerian Pertanian turun tangan dengan menggelar operasi pasar murah untuk menstabilkan harga telur.

Operasi pasar yang dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, operasi pasar ini dilakukan di pasar yang harganya naik sedikit.

“Kita lakukan operasi di pasar-pasar sentra yang harganya bergerak naik sedikit. Agar bisa stabil sesuai harga yang diinginkan pemerintah,” kata Menteri Amran di Pasar Tebet Barat, Jakarta, Rabu (8/9).

Menurut Menteri Amran, harga telur di tujuh pasar yang sedikit naik itu mencapai Rp 26.000 perkilogram. Untuk itu, Pemerintah lewat Kementerian Pertanian akan menyalurkan 7 kontainer telur ayam ras sampai harganya turun.

“Yang kita sepakati bersama adalah di tingkat peternak Rp 20.000/kg. Kalau di harga pasar Rp 23.000/kg. Itu harus kita jaga,” ucapnya.

Dalam operasi pasar itu, Menteri Amran melepaskan armada-armada yang mengangkut telur ayam ras, yang akan diantar ke enam titik pasar, yakni Pasar Palmerah, Pasar Petojo Hilir, Pasar Pulo Gadung, Pasar Pluit, dan Pasar Glodok.

Total telur yang digelontorkan di operasi pasar hari ini adalah 8 ton. Setiap pasar mendapat jatah 1 ton untuk hari ini, dan sisa 1 ton untuk Toko Tani Indonesia Center di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (RGR/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment