Cek Produk Makanan Kedaluwarsa, Dewan Sidak Minimarket

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melakukan inspeksi mendadak (sidak) produk makanan kedaluwarsa, Kamis, 9 Mei di beberapa minimarket.

Sidak ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir bersama Ketua Komisi II DPRD Maros, Hasmin Badoa dan Rusli Rasyid. Dalam sidak makanan kedaluwarsa itu ada tiga minimarket yang disasar.

Hasilnya, meski tak ada produk makanan yang kedaluwarsa ditemukan. Namun, beberapa produk makanan tenggang waktu memasuki masa kedaluwarsa tersisa satu sampai tiga bulan.

Wakil Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir mengatakan pihaknya sengaja melakukan sidak di minimarket untuk memeriksa masa kedaluwarsa makanan yang dijual.

“Jadi kami mengambil tiga sampel minimarket. Tujuannya untuk melihat apakah makanan yang dijual sudah memasuki masa kedaluwarsa atau bagaimana,” katanya.

Apalagi kata dia, ada beberapa jenis makanan yang diperiksa sudah memasuki masa kedaluwarsa.

“Untuk yang kedaluwarsa tidak kita temukan. Tapi pada dasarnya hampir semua minimarket yang kita datangi kita menemukan kasus yang sama. Dimana produk makanan yang dijual sudah mau memasuki masa kedaluwarsa. Tersisa satu sampai tiga bulan,” jelasnya.

Olehnya itu dia mengimbau agar barang itu bisa ditarik sebelum masa kedakuwarsa.

“Kita tekankan agar menarik sebelum waktu kedaluwarsa,” katanya.

Namun jika ada yang ditemukan menjual barang kedaluwarsa, kata dia, pihaknya akan merekomendasikan ke Pemerintah Daerah untuk dicabut izinnya.

“Kalau ada yang membandel kita akan  merekomendasikan ke Pemda untuk dicabut izinnya. Karena ini juga demi kemaslahatan masyarakat. Apalagi bulan ramadan biasanya pembelanjaan meningkat,” tegasnya.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Maros, Jasmin Badoa juga mengimbau ke masyarakat agar bisa lebih teliti.

“Sebelum membeli barang yang ada diminimarket, senaiknya memeriksa dulu apakah masih layak atau tidak,” imbaunya. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...