Kapan Reshuffle? Hasto: Yang Penting Mudik Lancar Dulu

Kamis, 9 Mei 2019 - 08:34 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–PDIP tidak mau ketinggalan berkomentar terkait isu reshuffle Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla pascalebaran. Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto saat disinggung isu tersebut hanya menjawab secara diplomatis.

“Pak Jokowi, kami meyakini fokus pada bagaimana lebaran ini rakyat betul-betul punya tradisi berhalalbihalal,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).

Hasto mengatakan, Jokowi tengah memikirkan bagaimana masyarakat bisa mudik dengan tenang. “Ini melihat seluruh kebaikan bagi bangsa dan negara ,sehingga puasa sesuai dengan nilai-nilai Islam, kemudian telah menjadi bagian dari kultur nasional kita. Ini skala prioritas bagi Jokowi. Masalah reshuffle itu, yang penting mudiknya lancar dulu,” tandas Hasto.

Berkembang rumor reshuffle atau perombakan Kabinet Kerja diperkirakan akan terjadi usai Lebaran Idulfitri mendatang. Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Prabowo mengaku belum mengetahui pasti hal itu.

“Saya tidak tahu setelah Lebaran, kemungkinan itu bisa saja. Di awal saya sampaikan bahwa Pak Presiden melihat atau mereview ke belakang untuk reshuffle selalu didahului evaluasi dengan menterinya,” ucap Johan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/5).

Baca: Azrul Tanjung Ok Pasal Makar Dipakai Jerat People Power

Evaluasi itu pun dijelaskan Johan, tidak dilakukan dalam satu termin waktu tertentu, tapi setiap saat oleh Presiden Jokowi. “Pak Presiden Jokowi selalu kroscek kinerja pembantunya kepada semua pihak. Dalam kunjungan kerja, beliau juga bertanya kepada rakyat soal kinerja menteri,” ungkap mantan pimpinan KPK ini.

Sejumlah menteri Jokowi yang diprediksi lolos jadi Anggota DPR RI ke Senayan, kemungkinan juga bakal terkena reshuffle sebelum dilantik sebagai wakil rakyat pada Oktober 2019. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.