Pameran Kreatif Kelas Dunia ‘teamLab’ akan Hadir di Jakarta

  • Bagikan
Akitae Matsumoto, CEO teamLab mengatakan manusia pada dasarnya memiliki sifat kreatif dan kolaboratif. Namun, sistem pendidikan saat ini mengajarkan manusia bahwa hanya ada satu jawaban yang benar sehingga menurunkan kreativitas.

"Kebebasan berpikir dan berperilaku semakin tidak diperbolehkan dan pada akhirnya, siswa menjadi takut membuat kesalahan dan tak lagi mampu berpikir kreatif," ujar Akitae Matsumoto. Dengan berfokus pada menciptakan perubahan dalam hubungan antarmanusia, serta menciptakan pengalaman positif, teamLab berharap dapat mengubah aktivitas kreatif individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif.

"Dengan menikmati proses kolaborasi, diharapkan para pengunjung dapat menemukan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari. Karena keinginan inilah pameran seni ini diadakan," tambah Akitae Matsumoto. teamLab di Gandaria City akan hadir di area seluas 2.000 meter persegi dan menghadirkan lima instalasi interaktif, yaitu : 1. Animals of Flowers, Symbiotic Lives teamLab, 2017, Seni Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi

Bunga-bunga tumbuh dari tubuh-tubuh binatang. Bunga-bunga bertunas, mekar, menyebar, dan menghilang. Ketika manusia menyentuh binatang, bunga-bunga akan menyebar. Ketika bunga sudah tersebar, maka binatang pun akan menghilang. 2. Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn teamLab, 2018, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi

Pengunjung akan terbenam dalam satu ekosistem seni yang berisi karya seni yang digambar oleh pengunjung itu sendiri. Makhluk hidup makan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya, sehingga menciptakan satu ekosistem yang berkesinambungan.

Pada saat ada binatang yang Anda gambar memakan binatang lain, jumlahnya akan bertambah. Apabila ada binatang yang tidak makan atau dimakan oleh binatang lain, dia akan mati dan sirna. Ketika pengunjung berdiri dan diam, maka bunga akan bermekaran di kaki pengunjung. Sebaliknya jika pengunjung berjalan, maka bunga tersebut akan ikut berpencar. Kupu-kupu akan berkumpul di tempat yang terdapat banyak bunga, dan buaya-buaya akan mati apabila terlalu sering diinjak.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan