Penjualan Kurma Meningkat Dua Kali Lipat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Buah yang paling digemari dan banyak dikonsumsi saat memasuki bulan puasa Ramadan yakni kurma. Selain rasanya yang manis dan cocok untuk berbuka puasa, kurma dipercaya mampu menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Tak heran permintaan kurma saat ini melonjak drastis.

Owner kios kurma Toko Toyiban Nunung Suthono mengaku permintaan berlipat sejak dua pekan lalu. Stok dagangan praktis ditambah. Dari biasanya 100-200 kilogram, kini ditambah dua kali lipat per hari. Mengantisipasi lonjakan pembelian, pihaknya sudah memperbanyak stok sejak medio April.

Nunung mengaku impor kurma langsung dari Mekah. Ada 30 jenis kurma yang ditawarkan. Selain harga, yang membedakan adalah tekstur dan ukuran kurma. Jenis kurma paling laris di kisaran harga di bawah Rp100 ribu per kilogram. Terkait harga, tidak mengalami kenaikan.

”Kondisi ramai ketika masuk puasa itu banyak yang ritel. Tapi kalau yang grosir sudah banyak pesan dan ambil seminggu sebelum pusa. Dari tahun-tahun sebelumnya, kondisi ramai seperti ini akan terjadi terus sampai Lebaran. Seminggu setelah Lebaran baru sepi,” terang Nunung, (8/5).

Pedagang kurma Pasar Gede Partiyah mengaku di hari biasa hanya menyetok 5-10 kilogram. Namun di momen Ramadan bisa menjual 50-100 kg per hari. Rata-rata yang dibeli di kisaran harga Rp 60 ribu per kilogram. Mayoritas pembeli mengambil 1-2 kardus seberat 5 kg.

Baca: Ustaz Bachtiar Nasir Ditersangkakan, Pemuda Muhammadiyah: Nuansa Politisnya Sangat Kental

Selain kurma, kolang kaling juga diminati masyarakat. Pedagang kolang kaling Pasar Legi Sri Miyati mengaku bisa menjual 5-7 ton per hari. Padahal di hari bisa tak kurang dari 4 ton. Dirinya mengaku ada kenaikan harga menjadi Rp 15 ribu per kg.

”Sebelumnya satu kilo Rp 10 ribu. Pasokan ambil dari Medan, Tasik, Garut, dan Bengkulu. Paling diminati dari Medan karena bentuknya besar-besar. Kalau dari Tasik biasanya dipakai untuk wedang ronde,” ujarnya. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...