Preview Valencia vs Arsenal: Harga Diri Spanyol

Kamis, 9 Mei 2019 - 12:23 WIB
Lacazette dan Aubameyang akan jadi andalan Arsenal di Valencia/Getty Images

FAJAR.CO.ID, VALENCIA—Valencia akan menjamu Arsenal di leg kedua babak semifinal Liga Europa, dinihari nanti. Setelah Barcelona tersingkir di Liga Champions, Valencia kini mempertaruhkan gengsi Spanyol.

SEBAGAI satu-satunya wakil La Liga yang tersisa, Valencia dipastikan akan bertarung habis-habisan untuk lolos ke final. Tapi, tentu saja itu bukan pekerjaan mudah. Pasca kekalahan 1-3 di leg pertama, El Che minimal harus menang dengan selisih tiga gol untuk membalikkan keadaan.

Akan tetapi, status sebagai tuan rumah bisa menjadi harapan pendukung Kelelawar Mestalla. Bermain di depan publik sendiri jelas akan memberi motivasi ekstra bagi Rodrigo Moreno dan kawan-kawan untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Apalagi, kemenangan ini memang sangat mereka butuhkan untuk bisa bermain di Liga Champions, musim depan. Seperti diketahui, Valencia kini masih di peringkat kelima dengan poin 55 atau terpaut tiga angka dari Getafe yang menempati posisi kelima atau batas akhir zona Liga Champions.

Dengan dua laga sisa, Valencia sebenarnya masih punya peluang finis keempat di La Liga. Masalahnya, mereka bergantung pada hasil Getafe. Meski bisa menyapu bersih dua laga sisa, jika Getafe melakukan hal sama, mereka tetap tidak akan finis di empat besar. Pada saat bersamaan, mereka juga masih harus bersaing dengan Sevilla yang ada di peringkat keenam dengan poin sama.

Karena itu, kesempatan menjadi kampiun Liga Europa yang berarti tiket langsung ke Liga Champions tidak akan mereka lewatkan. Dan tugas mereka dinihari nanti adalah mengalahkan Arsenal untuk melangkah ke partai puncak melawan pemenang semifinal lainnya yang mempertemukan Chelsea dan Eintracht Frankfurt.

Menyongsong laga ini, Valencia punya modal kemenangan 6-2 atas Huesca di La Liga. Menurut pelatih Marcelino Garcia Toral, jika bisa bermain seakurat saat melibas Huesca, ia yakin anak asuhnya bisa membalikkan keadaan di Mestalla Stadium.

“Saya yakin tim akan menciptakan peluang dan membuat Arsenal menderita. Kami mempunyai harapan serta semangat, dan kami akan meninggalkan di lapangan untuk mencoba mencapai final,” kata Marcelino di situs resmi Valencia.

Bek Valencia, Gabriel Paulista menambahkan, untuk mengalahkan mantan klubnya, mereka harus bermain bagus. Selain itu, ia berharap dukungan penuh dari publik Mestalla yang dipastikan akan memenuhi stadion.

“Saya akan memberikan segalanya di leg kedua, sama seperti para penggemar akan memberikan segalanya dalam mendorong kami. Kami akan memberikan yang terbaik untuk membawa klub ini ke tempat yang pantas,” tegasnya di situs resmi UEFA.

Tapi, Arsenal tidak akan mengalah begitu saja. Dengan situasi yang lebih sulit dari Valencia di Premier League, mereka membutuhkan Liga Europa sebagai jalur alternatif ke Liga Champions musim depan.

Makanya, Manajer Arsenal, Unai Emery meminta anak asuhnya melupakan hasil imbang kontra Brighton & Hove Albion, akhir pekan lalu yang membuat mereka butuh keajaiban untuk finis di posisi keempat Premier League. Ia ingin timnya benar-benar fokus.

“Kami akan menjadi lebih kuat dalam mentalitas kami untuk mempersiapkan pertandingan pada hari Kamis (Jumat) dan kami akan memberikan penampilan individu dan kolektif terbaik di pertandingan terakhir, di atas segalanya [melawan] Burnley,” ujar Emery di situs resmi Arsenal.

Bermodal keunggulan dua gol di leg pertama, Arsenal hanya membutuhkan hasil imbang atau maksimal kalah satu gol untuk lolos ke final. Namun, Emery tidak ingin meremehkan Valencia yang tak lain merupakan mantan klub asuhannya. Bagi dia, peluang kedua tim masih 50:50.

“Kami akan terus bekerja pada apa yang bisa kami tingkatkan, pada apa yang bisa kami lakukan lebih baik. Sekarang kami akan mempersiapkan cara yang sama untuk leg kedua karena kami tahu itu akan sangat sulit,” jelas Emery kepada BT Sport.

Alexandre Lacazette yang mencetak dua gol di London menambahkan, target utama mereka saat ini adalah memenangi Liga Europa. Karena itu, keunggulan dua gol di Emirates harus bisa mereka pertahankan.

“Kami ingin memenangkan Liga Eropa UEFA tidak hanya untuk langsung masuk ke Liga Champions UEFA, tetapi juga untuk memenangkan trofi. Jika kami bisa pergi ke Baku itu akan menjadi istimewa. Kami tahu ini akan sulit [di Valencia],” tandasnya.

Geoffrey Kondogbia dan Denis Cheryshev masih absen membela Valencia. Sementara Francis Coquelin sudah bisa kembali bermain dan menghadapi mantan klubnya usai melewatkan leg pertama karena sanksi. Di kubu Arsenal, selain Rob Holding, Héctor Bellerín, serta Danny Welbeck, mereka juga kehilangan Aaron Ramsey.

Arsenal sebelumnya lolos sembilan kali dari sepuluh pertandingan terakhir sistem gugur Eropa mereka di mana mereka memenangkan leg pertama. Satu-satunya pengecualian datang di babak 16 Besar Liga Champions 2010/11 ketika mereka disingkirkan Barcelona. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Valencia (4-4-2): Neto; Piccini, Garay, Paulista, Gaya; Soler, Coquelin, Parejo, Guedes; Moreno, Mina

Arsenal (3-4-2-1): Cech; Sokratis, Koscielny, Mustafi; Niles, Xhaka, Guendouzi, Kolasinac; Iwobi, Mkhitaryan; Lacaeztte

 

Head to head

02/05/19 Arsenal 3-1 Valencia

08/08/09 Valencia 2-0 Arsenal

19/03/03 Valencia 2-1 Arsenal

10/12/02 Arsenal 0-0 Valencia

17/04/01 Valencia 1-0 Arsenal

Lima pertandingan terakhir Arsenal

05/05/19 Arsenal 1-1 Brighton

02/05/19 Arsenal 3-1 Valencia

28/04/19 Leicester 3-0 Arsenal

24/4/19 Wolverhampton 3-1 Arsenal

21/04/19 Arsenal 2-3 Crystal Palace

Lima pertandingan terakhir Valencia

05/05/19 Huesca 2-6 Valencia

02/05/19 Arsenal 3-1 Valencia

28/04/19 Valencia 0-1 Eibar

24/04/19 Atletico Madrid 3-2 Valencia

21/04/19 Real Betis 1-2 Valencia

Kamus Lolos ke Final

Valencia lolos jika:

Menang minimal tiga gol (lolos dengan keunggulan agregat)

Menang dengan skor 2-0 (agregat 3-3, lolos dengan keunggulan gol tandang)

Arsenal lolos jika

Menang

Imbang

Kalah satu gol (lolos dengan keunggulan agregat)

Kalah dua gol dengan catatan mencetak minimal dua gol (agregat 3-3, lolos dengan keunggulan gol tandang)

Jika skor 3-1 untuk Valencia sepanjang 90 menit, laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu

 

KEY PLAYERS

ARSENAL

Top skor

Pierre Emerick Aubameyang: 5

Alexandre Lacazette: 4

Sokratis: 2

Top assist

Granit Xhaka: 3

Nacho Monreal: 2

Henrikh Mkhitaryan: 2

VALENCIA

Top skor

Goncalo Guedes: 3

Rodrigo Moreno: 2

Kevin Gameiro: 1

Top assist

Kevin Gameiro: 2

Denis Cheryshev: 2

Daniel Wass: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.