Gempa 6,3 SR Guncang Pantai Selatan Jepang


FAJAR.CO.ID, TOKYO–Gempa berkekuatan 6.3 skala Richter melanda pantai selatan Jepang pada hari Jumat (10 Mei), kata Badan Meteorologi Jepang.Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan dan tidak ada laporan segera kerusakan akibat gempa, yang melanda pukul 8.48 pagi waktu setempat (7.48 pagi waktu Singapura).

Gempa melanda pada kedalaman dangkal 24 km dan guncangan sedang hingga kuat dirasakan di daerah dekat pusat gempa di lepas pantai Miyazaki, sebuah kota di barat daya pulau Kyushu, kata Badan Meteorologi seperti dilansir channelnewsasia.

Kyushu Electric Power mengatakan “tidak ada kelainan” dilaporkan di pembangkit listrik tenaga nuklir Sendai, di prefektur Kagoshima.Badan Meteorologi mengeluarkan peringatan darurat ketika gempa terjadi, mendorong penyiar publik NHK untuk beralih ke pemrograman khusus pada situasi di wilayah Kyushu selatan, termasuk Miyazaki.

Gempa awal diikuti gempa susulan berkekuatan 5.1, pada 9.07 pagi di daerah yang sama, menurut USGS.Mengkhawatirkan! 1 Juta Spesies Hewan dan Tumbuhan Terancam Punah

Jepang berada pada wilayah yang disebut Cincin Api Pasifik, tempat banyak gempa bumi dan letusan gunung berapi dicatat.Pada 11 Maret 2011, gempa dahsyat berkekuatan 9,0 melanda Samudra Pasifik, dan tsunami yang diakibatkannya menyebabkan kerusakan luas dan menewaskan lebih dari 10.000 orang. (bs)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...