Nama 7 Caleg Lolos Dapil VIII Sulsel Periode 2019-2024

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemilik tujuh kursi DPRD Sulsel dari daerah pemilihan (dapil) Sulsel VIII meliputi Kabupaten Soppeng-Wajo tidak semuanya ditempati kembali petahana. Ada tiga yang yang tumbang.  

Tiga incumbent yang tumbang adalah Marzuki Wadeng (Golkar), Wahyuddin (PKB), Baso Syamsu Rijal (PKS). 

Selebihnya seperti Selle KS Dalle (Demokrat), Henny Latief (Gerindra), Nurhidayati (PPP) dan Desi Susanti Soetomo (Nasdem), berhasil mempertahankan kursinya di DPRD Sulsel. 

Yang baru adalah PDIP, pada pileg kali ini ia berhasil mendapatkan kursi terakhir. 

Partai berlambang Moncong Putih itu menggeser kursi PKS yang sebelumnya memiliki perwakilan di DPRD. 

“Mau bagaimana lagi sudah begitu kenyataanya. Tentu ini akan menjadi bahan evaluasi di PKS,” kata Ketua Bappilu dan Pilkada PKS Sulsel, Sri Rahmi. 

Di tempat lain, PDIP Sulsel membenarkan bahwa pada Pileg 2019, partainya berhasil mendapatkan kursi. “Iya, Pileg kali ini PDIP dapat satu kursi di dapil VIII Sulsel. Bapak Ansari Mangkona yang disana,” kata Ketua PDIP Sulsel, Andi Ridwan Wittiri.

BACA JUGA : https://fajar.co.id/2019/05/09/nama-9-caleg-lolos-dapil-vi-sulsel-periode-2019-2024/

Kemudian, pemilik kursi Partai Golkar itu didapakan oleh Suwardi Hasen, ia meraih 23.853 suara. 

Dia unggul dari caleg golkar lainnya yakni, A Haerani yang hanya 14.938 suara. Sebelumnya pemilik kursi partai berlambang Pohon Beringin di DPRD Sulsel adalah Marzuki Wadeng, ia berada diurutan ketiga. 

Sementara di PKB, caleg nomor urut tujuh Andi Tenriliweng yang akan melenggang ke DPRD Sulsel dengan perolehan 16,191 suara.

Caleg asal Kabupaten Wajo ini menggungguli incumbent dan mantan anggota DPRD Sulsel Anwar Sadat dan Wahyuddin.

Beda halnya dengan Demokrat, caleg incumbent Selle KS Dalle berhasil pertahankan kursinya. Ketua Bappilu Demokrat Sulsel itu mendapat 20.146 suara. “Kita sangat mengapresiasi seluruh masyarakat, kader dan simpatisan partai atas kerja kerasnya selama ini. Sebab yang paling susah sebenarnya adalah mempertahankan kursi yang ada,” kata Selle.

Sekadar diketahui, dibawah Selle  ada caleg Demokrat lainnya Andi Syahrir Kube (ASK). Ia mendapat 14.890 suara. ASK memang unggul telak di Wajo dengan suara 14.106 suara, namun Selle KS Dalle bisa meraih suara 6.851. Sementara di Selle mampu membalikkan keadaan dengan unggul di Soppeng 13.295 sedangkan Syahrir Kube hanya 784 suara. 

Sama dengan Selle, caleg incumbent Gerindra Henny Latief juga berhasil mempertahankan kursinya di DPRD Sulsel. Meskipun ia akui sedikit kewalahan mempertahankan tersebut.”Jujur saja saya kerja sendiri. Mempertahankan kursi Gerindra ini begitu ketat. Syukur alhamdulillah, berkat semua tim dan relawan, saya bisa tetap di posisi aman,” ungkap Henny. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment