Tips Puasa bagi Penderita Diabetes


FAJAR.CO.ID–Puasa menjadi kewajiban umat muslim di bulan Ramadan. Namun, puasa bisa memiliki komplikasi kesehatan yang serius pada orang yang menderita diabetes atau masalah insulin lainnya.Sebagian besar pasien diabetes disarankan untuk tidak berpuasa selama Ramadan. Terutama karena periode puasa bisa dengan mudah diperpanjang dari 12 hingga 16 jam setiap hari (tergantung di mana Anda berada).Berbuka puasa juga menjadi masalah, karena reaksi tubuh terhadap aliran gula dan makanan yang tiba-tiba bisa memengaruhi kadar insulin Anda secara drastis.Jika Anda memilih untuk berpuasa saat Ramadan, maka harus berkonsultasi dengan dokter dulu untuk memastikan bisa merawat diri sendiri dan kesehatan secara memadai.Dalam beberapa kasus, dokter mungkin memberikan jalan cepat untuk berpuasa. Ini selalu termasuk peringatan tertentu untuk memastikan tidak ada komplikasi kesehatan yang muncul sebelum, selama, dan setelah puasa.Menurut Diabetes UK, sebuah komunitas pendukung kesehatan yang berbasis di Inggris, komplikasi utama yang bisa timbul jika seseorang dengan diabetes berpuasa untuk waktu yang lama adalah dehidrasi dan hipoglikemia.Orang yang memiliki masalah ginjal atau kesehatan jantung yang buruk terkait dengan diabetes tidak boleh berpuasa sama sekali karena bisa memperburuk kondisi ini.Berikut adalah beberapa tip cepat untuk pasien diabetes yang memutuskan untuk berpuasa, seperti dilansir laman Gulfnews :

Temui dokter Anda terlebih dahulu

Pastikan dokter dan tim medis Anda mengetahui setiap makanan dan keputusan olahraga yang Anda buat. Pastikan Anda mendapat persetujuan penuh dari mereka sebelum berpuasa.

Coba puasa selama beberapa hari

Jika dokter Anda setuju dengan keputusan Anda, cobalah puasa selama beberapa hari pertama, mengetahui sepenuhnya bahwa ini adalah masa percobaan.

Komentar

Loading...