4 Tips Hindara Kanker Kandung Kemih

Senin, 13 Mei 2019 - 10:28 WIB

FAJAR.CO.ID–Merokok merupakan salah satu faktor risiko kanker kandung kemih. Selain berhenti merokok, ada hal-hal lain yang bisa wanita lakukan agar terhindar dari kanker kandung kemih. Beberapa di antaranya adalah:

Cukup minum air putih

Minumlah air putih minimal 2 liter per hari (8 gelas). Kata dr. Anita, air putih membantu mengeluarkan senyawa kimia penyebab kanker. Selain itu, jika tubuh kekurangan cairan, kemungkinan wanita terkena infeksi saluran kemih lebih besar.

“Perlu diingat, infeksi saluran kemih kronis adalah salah satu faktor risiko kanker kandung kemih,” ujar dr. Anita.

Perbanyak sayur dan buah

Pilih sayur dan buah yang mengandung antioksidan seperti karotenoid, vitamin C, mineral, fenol, dan flavonoid untuk melawan radikal bebas.

“Sayuran jenis cruciferous (sayuran silang) seperti brokoli, kol, dan kale mengandung glukosinolat yang pada saat proses memasak berubah menjadi isothiocyanates, yang dapat memberikan perlindungan dari kanker kandung kemih.”

Hindari paparan berlebih bahan kimia industri

Wanita yang bekerja dengan cairan metal, seperti pekerja metal atau operator mesin, juga berisiko tinggi mengalami kanker kandung kemih. Selain itu, pekerja wanita yang terpapar pewarna dan karet juga berisiko lebih tinggi.

Dijelaskan dr. Anita, hal tersebut berhubungan dengan durasi ekspos setiap harinya. “Hindari ekspos terhadap hidrokarbon poliakromatik dan arylamin, karena berhubungan erat dengan kanker kandung kemih,” ungkapnya.

Gunakan alat pelindung diri yang lengkap jika Anda bekerja di tempat-tempat yang senyawa kimia tersebut wara-wiri.

Hindari paparan arsen

Arsen meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Karenanya, cek air yang Anda minum, karena senyawa tersebut sering kali ditemui.

Amannya, minumlah air kemasan atau botol bila ragu air keran di rumah bebas dari arsen.

Satu lagi alasan bagi wanita untuk segera berhenti merokok, yaitu bisa menurunkan risiko kanker kandung kemih. Lakukan hal itu dengan konsisten, dan kombinasikan juga dengan pola hidup sehat lainnya, sehingga tubuh juga terlindungi dari berbagai penyakit lainnya. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.