Bamsoet Setuju Jokowi Segera Bentuk Pansel Capim KPK

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Bambang Soesatyo sepakat usulan Indonesia Corruption Watch agar Presiden Joko Widodo, segera membentuk Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi alias Pansel Capim KPK.

“Menurut saya, memang momentumnya sudah tepat apa yang diampaikan ICW,” kata Bambang di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/5).

Masa jabatan pimpinan KPK akan berakhir Desember 2019, namun hingga Mei ini, belum ada pansel yang dibentuk untuk menyeleksi penggawa baru lembaga pemberangus koruptor itu.

Legisator Partai Golongan Karya itu menambahkan, parlemen pasti akan mendukung presiden jika segera membentuk pansel yang dimaksud. “Ini agar penyaringan bisa lebih teliti sehingga menghasilkan 10 nama yang berkualitas untuk nanti dipilih lima (calon) oleh DPR,” ungkap Bambang.

Dia menambahkan, komposisi pansel tidak perlu lagi membedakan antara perempuan dan laki-laki, seperti yang terjadi sebelumnya. Menurut Bambang, yang penting mereka memiliki integritas dan kemampuan memilih atau melihat calon-calon pimpinan KPK yang terbaik.

Pilih Tunggu Praperadilan, Eggi Sudjana Mangkir

“Tentu kami harapkan pimpinan KPK ke depan benar-benar menguasi masalah-masalah hukum, etika, dan memiliki rekam jejak yang baik dan jelas,” kata politikus yang karib disapa Bamsoet, itu. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...