Diklat BPSDM Dites Berbasis Online

Senin, 13 Mei 2019 - 21:57 WIB

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan pendidikan dan pelatihan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulsel.

Salah satu bentuk inovasi dengan menerapkan sistem ujian atau tes bagi peserta baik peserta pendidikan dan pelatihan dasar (Latsar) maupun peserta Latpim berjenjang dengan sistem online.

“Peserta Latsar tidak memakai kertas saat tes atau ujian materi kediklatan, tapi sudah berbasis online, integritas pasti terjamin,” ujar Kepala BPSDM Sulsel Ir Imran Jausi, Senin (13/5/2019) saat melihat dan meninjau proses tes evaluasi akademik bagi peserta Latsar sebanyak 72 orang dari Pemkab Pangkajene Kepulauan di Kampus II BPSDM Sulsel.

Imran Jausi mengatakan, dengan sistem tes atau evaluasi akademik berbasis online tersebut, maka selain hasil nilainya berintegritas, juga ramah lingkungan.

“Karena sudah paperless atau tidak menggunakan kertas lagi baik soalnya maupun lembaran jawabannya,” kata Imran.

Sekadar diketahui, di BPSDM Sulsel, sistem online sudah berjalan sejak 2019 ini. Peserta diklat dalam menerima materi diklat tidak perlu lagi menggandakan dengan menggunakan kertas, tapi sudah bisa menarik materi dari smartphone peserta dengan menggunakan aplikasi berbasis Android dengan nama aplikasi SIBangSDM (Sistem Informasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia).

Jadwal dan siapa pengajar saat diklat berlangsung, peserta sudah bisa buka melalui apliksi SIBangSDM tersebut.

“Kita terus melakukan pembenahan, ke depan SIBangSDM ini akan terus kami kembangkan hingga betul betul meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar di BPSDM Sulsel,” kata Imran Jausi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.