Liga Lain Sudah “Selesai”, Tinggal Tunggu Bundesliga

Senin, 13 Mei 2019 - 12:37 WIB
RB Leipzig menahan laju Bayern Munchen ke tangga juara, akhir pekan kemarin/Die Roten Bulle

FAJAR.CO.ID, DORTMUND—Premier League, Serie A, La Liga, dan Ligue 1 sudah punya pemenang. Sekarang, pencinta bola dunia hanya menunggu jawara dari Bundesliga Jerman yang sejauh ini belum punya pemenang.

Penetuan pemilik tertunda akhir pekan kemarin setelah Bayern Munchen ditahan imbang tanpa gol oleh RB Leipzig. Anak asuh Niko Kovac yang bermain kacamata di Red Bull Arena tak bisa menguci trofi setelah Borussia Dortmund berhasil mengalahkan Fortuna Dusseldorf di pekan ke-33.

Dengan hasil itu, Dortmund kembali menjangkau Bayern yang sempat unggul empat poin. Saat ini, Dortmund yang mengoleksi poin 73 hanya terpaut dua angka di belakang musuh bebuyutannya dan peraih titel juara harus ditentukan di laga pamungkas Bundesliga.

Bayern di laga terakhir akan menjamu Eintracht Frankfurt di Allianz Stadium. Kemenangan akan memastikan mereka sebagai jawara. Bahkan, hasil imbang juga sepertinya sudah cukup karena Dortmund minimal harus menang 17 gol untuk menyalip Die Roten di puncak klasemen.

Tapi, skenario tidak akan semudah itu. Eintracht Frankfurt yang kini di peringkat keenam juga butuh kemenangan untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Eintracht Frankfurt saat ini mengoleksi poin 54 atau hanya terpaut satu angka dari tim peringkat keempat, Borussia Monchengladbach.

Nah, kebetulan Monchengladbach adalah lawan terakhir Dortmund. Makanya, mereka juga dipastikan akan habis-habisan untuk bisa mengalahkan Dortmund. Apalagi, laga terakhir yang digelar serentak 18 Mei mendatang ini akan berlangsung di markas mereka.

Walau bakal jadi pertarungan sengit, kubu Bayern yang memburu trofi ketujuh beruntun cukup optimistis dengan kans mereka. Pelatih Bayern, Niko Kovac menegaskan, mereka akan meraih gelar di kandang untuk pertama kalinya sejak 2000.

“Kami akan bermain di kandang dan kami akan menyegel gelar di sana. Saya yakin penggemar kami akan menciptakan suasana hebat, yang akan meningkatkan semangat dan keinginan kami untuk menang,” kata Kovac seperti dikutip di situs resmi Bayern.

Namun, kegagalan naik takhta di kandang Leipzig tetap saja mengecewakan. Penyerang Bayern, Thomas Muller mengakui hasil imbang itu menjengkelkan. “Kami benar-benar ingin menang. Secara keseluruhan, ini sangat menyebalkan. Tetapi kami harus mengembalikan performa yang sama di kandang minggu depan,” ujarnya.

Kembali punya peluang juara, pelatih Dortmund, Lucien Favre menegaskan mereka akan bertarung sampai akhir untuk mengalahkan Monchengladbach. “Kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk menang di Gladbach,” kata Favre dikutip dari FAZ.

Ini adalah kali pertama sejak musim 2009/2010 dimana gelar juara diperebutkan hingga pekan terakhir. “Bundesliga gila. Tidak akan mudah melawan Gladbach, tetapi hal yang sama berlaku untuk Bayern melawan Frankfurt,” tegas gelandang Dortmund, Axel Witsel di bundesliga.com. (amr)

DATA DAN FAKTA
Bayern akan memenangkan gelar Bundesliga ketujuh berturut-turut jika mengalahkan Eintracht Frankfurt di pekan terakhir.

Jika Bayern seri kontra Eintracht Frankfurt di laga terakhir, Dortmund butuh menang 17 gol atas Borussia Monchengladbach untuk juara.
Franck Ribery bisa memenangkan gelar Bundesliga kesembilan yang memecahkan rekor jika Bayern dinobatkan sebagai juara minggu depan, satu lebih banyak dari legenda klub lainnya; Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Oliver Kahn dan Mehmet Scholl.

Pertama kali sejak musim 2009/2010 pemenang Bundesliga akan ditentukan di pekan terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.