Sinar Matahari Memengaruhi Kesehatan Mental?


FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Apakah cahaya alami merupakan faktor penting dalam hal kesehatan mental? Studi akan mengatakan ya, namun hanya pada sampai tingkat tertentu.Mari kita mulai dengan tempat kerja karena di sinilah rata-rata orang menghabiskan sebagian besar hari mereka.Satu studi dari tahun 2014 memeriksa kesehatan keseluruhan dua kelompok pekerja kantor, yakni mereka yang memiliki jendela di kantor mereka dan mereka yang bekerja di kantor tanpa jendela.Yang pertama ditemukan memiliki kebiasaan tidur yang lebih sehat dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan, jika dibandingkan dengan mereka yang bekerja tanpa jendela di kantor mereka.Terkena lebih banyak cahaya di siang hari dan lebih sedikit cahaya di malam hari, membantu mengkalibrasi jam internal kita dan jatuh ke dalam ritme sirkadian alami.

“Ada semakin banyak bukti bahwa paparan cahaya, pada siang hari dan terutama di pagi hari – bermanfaat untuk kesehatan Anda melalui efeknya pada suasana hati, kewaspadaan, dan metabolisme,” kata Phyllis Zee, MD, ahli saraf dan spesialis tidur Northwestern Medicine, seperti dilansir laman Medical Daily, Minggu (12/5).

Pekerja kantoran adalah kelompok yang beresiko karena mereka biasanya bekerja di dalam ruangan, yang sering tanpa akses ke cahaya terang alami atau bahkan buatan sepanjang hari.Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa terpapar cahaya alami pada siang hari memiliki efek kuat pada kesehatan. Tetapi apakah ada manfaat eksklusif di bawah sinar matahari yang tidak bisa diberikan pencahayaan dalam ruangan?

Komentar

Loading...