8 Makanan Ini Berkhasiat Turunkan Kolesterol

Selasa, 14 Mei 2019 09:47

Makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterolUntuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, Anda butuh mengonsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa jenis makanan yang dimaksud:

 Alpukat

“Ketika Anda mengganti lemak jenuh yang ditemukan dalam produk hewani dengan lemak tak jenuh dari sumber tanaman seperti alpukat, dampaknya terhadap kolesterol sangat dramatis,” kata Elroy Vojdani, MD, IFMCP, pemilik klinik terkemuka di Los Angeles, Amerika Serikat.Mengonsumsi alpukat bisa menurunkan tingkat LDL. Pada saat yang sama, HDL atau kolesterol baik yang berperan dalam membersihkan kolesterol LDL dari tubuh menjadi meningkat.

Salmon

Salmon adalah pilihan makanan yang sangat baik. Jenis ikan ini sarat dengan lemak tak jenuh tunggal sehat, yang memiliki efek menguntungkan pada kolesterol. Salmon adalah salah satu sumber makanan utama dari lemak sehat dan perbandingan omega-3 dengan omega-6 (dua jenis asam lemak) dapat membantu menurunkan jumlah LDL.

 Bawang bombay

Bawang bombay terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL, dan kemungkinan karena kandungan flavonoid yang dikenal sebagai quercetin. Jenis flavonoid itu bertindak sebagai antioksidan yang membantu mencegah kolesterol menyumbat arteri.

Gandum

“Oat dan biji-bijian utuh lainnya merupakan sumber serat larut yang sangat baik. Itu merupakan nutrisi yang dapat mengikat kolesterol makanan dan mencegahnya diserap oleh tubuh,” kata Dr. Vojdani.

 Kacang polong

Kacang polong, buncis, lentil, dan sejenisnya adalah makanan yang mampu menurunkan kolesterol. Inilah alasan bagus untuk menambah asupan kacang polong dalam piring Anda.

Bagikan berita ini:
8
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar