‘The Vaseline Healing Project’ Sasar Warga Penjaringan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Setelah tahun lalu sukses membantu memperbaiki kulit dan kualitas hidup lebih dari 300 warga di wilayah Bangkalan, Madura dan Gunung Sinabung, tahun ini "The Vaseline Healing Project" kembali diselenggarakan untuk ketigakalinya di Indonesia.

Kali ini, program tersebut digelar di Rumah Susun Waduk Pluit Muara Baru, Jakarta Utara sebagai bentuk kolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Jakarta.

Program ini dilakukan untuk menyebarluaskan edukasi tentang kesehatan kulit serta membantu memperbaiki kondisi kulit 250 warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS-DV mengungkapkan, wilayah ini terpilih karena masih tingginya jumlah penderita gangguan kulit. Salah satunya disebabkan oleh bencana banjir rob atau banjir akibat naiknya gelombang pasang yang masih kerap mereka alami.

Musibah banjir kata dr. Litya biasanya diikuti oleh timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit.

"Penyakit kulit yang dapat timbul setelah kejadian banjir diantaranya adalah infeksi bakteri, infeksi jamur, dan dermatitis atau eksim," ujar dr. Litya pada media talkshow di Pluit, Jakarta, Selasa (14/5).

Ia mengungkapkan, sebagian masyarakat di Kecamatan Penjaringan masih mengabaikan gangguan kulit yang mereka alami dan tidak menganggapnya sebagai hal yang berbahaya.

"Padahal, gangguan kulit yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan menjadi lebih sulit disembuhkan dan berpotensi mengganggu kualitas hidup secara keseluruhan," lanjut dr. Litya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Andin Andin


Comment

Loading...