Ladies, Kenali Tanda-tanda Keputihan Tidak Normal

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Salah satu gejala adanya kanker serviks adalah munculnya keputihan yang tidak normal. Pada umumnya, keputihan bisa terjadi ketika seseorang kelelahan atau mengalami perubahan hormon.

Namun, jika Anda sering mengalami keputihan tidak normal, Anda perlu mewaspadainya sebagai salah satu gejala kanker serviks atau kanker leher rahim.

Keputihan merupakan lendir atau cairan yang mengalir melalui vagina. Keputihan terbagi menjadi dua, yaitu normal dan tidak normal. Secara fisiologis, keputihan sebenarnya bertujuan untuk membantu menjaga jaringan vagina tetap sehat, memberikan pelumasan, dan melindungi area kewanitaan dan infeksi maupun iritasi.

Jumlah, warna dan konsistensi keputihan normal bisa bervariasi, dari keputihan yang lengket hingga bening dan berair. Hal ini tergantung pada tahap siklus haid Anda.

Keputihan yang tidak normal ditandai dengan cairan dengan bau yang tidak biasa. Kondisi ini biasanya terjadi bersamaan dengan gatal serta nyeri yang bisa jadi merupakan tanda adanya gangguan kesehatan.

Penyebab keputihan tidak normal

Sebagian besar penyebab keputihan yang tidak normal yaitu infeksi jamur, vaginosis bakteri atau gejala menopause. Hal ini relatif tidak berbahaya, tetapi bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.

Keputihan yang tidak normal juga bisa menjadi gejala dari infeksi menular seksual (IMS). Jika tak segera diatasi, IMS dapat menyebabkan komplikasi, yaitu melibatkan rahim, indung telur dan saluran tuba, serta dapat ditularkan ke pasangan seksual. (jpnn)

7 Makanan Ini Bisa Picu Migrain

Oleh karena itu, deteksi dan pengobatan IMS adalah hal yang penting. Kemungkinan penyebab keputihan yang tidak normal termasuk:

Vaginosis bakteri
Servisitis
Chlamydia trachomatis
Gonore
Tampon yang terlupakan (dipertahankan)
Penyakit radang panggul (PID)
Trikomoniasis
Vaginitis
Infeksi jamur (vagina)
Praktik kebersihan tertentu, seperti membersihkan atau menggunakan semprotan atau sabun beraroma
Kanker serviks
Kehamilan
Atrofi vagina (sindrom menopause genitourinari)
Kanker vagina
Fistula vagina, dan penyebab lainnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...