Merugi Puluhan Miliar, PT Malea Diminta Ikuti Informasi Cuaca dari BMKG

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKALE — BMKG Tana Toraja mengharapkan pihak PT Malea Energy Hydropower dalam aktivitasnya untuk mengikuti perkembangan informasi cuaca.

Hal itu penting untuk mengantisipasi bencana, baik terhadap kegiatan proyek maupun lingkungan sekitarnya.

“Kita selalu mengeluarkan informasi bahkan peringatan untuk waspada terhadap kemungkinan bencana. Kita harapkan pihak perusahaan untuk mengikuti perkembangan informasi cuaca yang kita keluarkan,” ungkap Agung S, Kepala BMKG Toraja di lokasi proyek pembangunan PLTA Malea.

Selama ini perusahaan tersebut hanya mengandalkan perkembangan debet air sebagai acuan untuk mengetahui potensi banjir sungai Sa’dan.

“Kita akan siap mengikuti perkembangan cuaca dari BMKG,” ungkap M Syakur selaku Manajer PT Malea Energy Hydropower.

Saat banjir yang terjadi 28 April lalu, perusahaan itu merugi hingga puluhan miliar rupiah. Juga menimbulkan rusaknya sebagian lahan pertanian warga dan memutuskan sarana jalan serta jembatan.

Kepala BPBD, Alfian Andilolo, menyampaikan bahwa informasi cuaca itu penting untuk pengambilan langkah dan tindakan antisipasi terhadap bencana.

“Ini penting, karena akan memberikan informasi untuk langkah antisipasi akan potensi bencana,” katanya, Rabu, 15 Mei 2019. (Frederich Suselisu)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...