Perang Dagang Memanas, Trump dan Xi Jinping Akan Bertemu di Jepang

Rabu, 15 Mei 2019 - 09:37 WIB
Xi Jinping dan Donald Trump. (Foto: Net)

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON–Presiden AS, Donald Trump mengumumkan pertemuan dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping bulan depan. Jangan girang dulu, mereka bertemu tidak untuk menandatangani kesepakatan dagang. Melainkan pertemuan sampingan yang akan dilangsungkan di sela pertemuan G20 di Jepang.

”Siapa tahu sesuatu yang baik akan terjadi. Yang jelas, pertemuan kami pasti bermanfaat,” ujar Trump menurut The Straits Times.

Politikus Partai Republik itu mengumbar optimisme terkait penyelesaian konflik ekonomi dengan raksasa ekonomi kedua dunia tersebut. Menurut dia, hasil perundingan dagang bakal muncul tiga atau empat minggu mendatang. Waktu itu bertepatan dengan G20 di akhir Juni.

Sementara itu, kubu Tiongkok justru belum mengetahui jadwal pertemuan yang disebutkan Trump.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Geng Shuang menyebut belum ada informasi yang diterima mengenai pertemuan tersebut. Namun, dia juga tidak menyangkal klaim dari Trump. ”Mereka (Trump dan Xi) bisa berhubungan via apa saja,” ungkapnya kepada Agence France-Presse.

Klaim Trump tidak mengubah apa pun. Hubungan kedua negara masih tegang. Tiongkok mengumumkan baru saja menaikkan bea impor untuk kelompok barang senilai USD60 miliar (Rp865 triliun) dari AS.

Muslim Sri Langka Sasaran Balas Dendam, Polisi dan Tentara Tak Berdaya

Kebijakan yang berlaku 1 Juni itu merupakan balasan dari kenaikan tarif untuk kelompok barang senilai USD200 juta (Rp2.886 triliun) oleh AS. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.