Rebut 11.421 Suara, Yusran Paris Malah Tumbang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komposisi 85 anggota DPRD Sulsel telah diketahui. Beberapa partai mendapat penambahan kursi, lainnya terpuruk bahkan hilang dari parlemen.

PAN sendiri gagal mendudukkan sejumlah petahana di beberapa dapil untuk DPRD Sulsel. Meski petahana tersebut memeroleh suara signifikan.

Di antaranya Dapil Sulsel 2 atau Makassar B. Incumbent PAN, Yusran Paris, tersingkir meski mendapat suara pribadi yang signifikan, yakni 11.421. Jumlah itu mengalahkan suara pribadi caleg PKS, Haslinda (10.778), Demokrat, Haidar Majid (10.652), Gerindra Misriani Ilyas (10.057) ataupun caleg PDIP Novianus Patanduk yang hanya merebut 4.305 suara namun berhasil duduk di DPRD.

Soal capaian ini, Yusran Paris mengkritisi komposisi caleg partainya yang pada akhirnya tidak mampu mendulang suara partai secara maksimal.

Peraih suara terbanyak kedua di internal partainya hanya mendapatkan 2.285 suara. Selebihnya tak ada yang menembus angka seribu, bahkan paling minim mencapai 462 suara. Menurutnya, komposisi penyusunan caleg harus menjadi bahan evaluasi besar partai.

“PAN ke depan harus menempatkan kader-kader terbaiknya di semua dapil, dengan memprioritaskan perolehan kursi,” kata Yusran Paris, Rabu, 15 Mei 2019.

Dia mengatakan, siapa pun nanti caleg yang akan duduk harusnya menjadi persoalan kedua. Yang mesti ditumbuhkan adalah persaingan internal kader secara sehat. Loyalitas dan kerja cerdas semua caleg mesti menjadi prioritas, sehingga PAN bisa merebut kursi di setiap dapil.

“Hasil tetap penting, tetapi tidak kalah pentingnya adalah proses,” beber fungsionaris PAN Sulsel ini.

Sekadar diketahui, total suara PAN untuk Dapil Sulsel 2 hanya 18.458. Jumlah itu masih di bawah total suara PKS, Demokrat, Gerindra, maupun PDIP yang mengunci kursi terakhir di dapil ini. (nur)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar