Bongkar Praktik Calo Kenaikan Pangkat Guru, Kadis Pendidikan Sulsel Diapresiasi Kemendikbud

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapresiasi langkah Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo yang berkomitmen membongkar skandal praktik calo kenaikan pangkat guru.

Kemendikbud menyambut baik aksi Irman yang melakukan investigasi di internal lembaganya.

Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi mengatakan, praktik curang seperti ini tak boleh dibiarkan. Sebab, hal itu sangat merusak bagi pendidikan di Indonesia.

“Bagaimana mereka mau mengajarkan kejujuran kalau mereka sendiri tidak jujur,” kata dia, Kamis (16/5/2019).

Sementara itu, Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LP3TK), Irwan Akib, menyebut upaya Irman untuk mengusut tuntas praktik calo dan plagiarisme ini sebagai langkah yang luar biasa.

“Bisa menjadi contoh bagi provinsi yang lain. Selamat dan sukses membasmi praktik-praktik yang tidak baik dalam pendidikan,” tuturnya.

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud, Hamid Muhammad juga menyampaikan apresiasi positif. Ia berharap sikap Irman terhadap upaya curang oknum guru dalam kenaikan pangkat bisa diikuti oleh kepala dinas pendidikan lainnya.

“Langkah yang dilakukan Pak Kadis bagus, sangat proaktif. Semoga diikuti para Kadisdik yang lain,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo berjanji bakal melakukan investigasi internal terhadap lembaga yang dipimpinnya.

Hal tersebut ia nyatakan pasca dua oknum guru di Kabupaten Gowa tertangkap tangan oleh Polres Gowa menjadi calo kenaikan pangkat guru.

“Setelah ini kami akan lakukan investigasi sendiri berdasarkan hasil yang ditemukan oleh Polres Gowa,” ujar None, sapaan akrab Irman, saat berada di Polres Gowa, Rabu (15/5/2019) kemarin.

Namun terkait arah atau hasil investigasi yang dijanjikannya, Irman belum dapat memutuskan. Ia beralasan, hal tersebut mesti melihat hasil temuan atau pengembangan nanti. “Nanti kita dalami setelah hasil ini,” singkatnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment