Mengenal Lebih Jauh Seputar Menstruasi


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Saat ini, masih banyak perempuan di Indonesia yang belum mengerti mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan ketika mengalami menstruasi untuk pertama kalinya dan informasi mengenai mentruasi itu sendiri.

Padahal, pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena jumlah bakteri buruk di area kewanitaan bertambah dengan tingginya tingkat keasaman pH pada darah yang dikeluarkan.

Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) dari Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI) terlebih dahulu menjelaskan mengenai alar reproduksi. Alat reproduksi wanita terdiri dari rahim, indung telur (ovarium), tuba fallopi (tabung falopi), leher rahim (serviks), dan vagina.

Vagina atau yang sering disebut “Miss V” ini dalam proses persalinan, dinding saluran yang sangat elastis ini dapat mengembang dan menjadi jalan keluar bayi. Selain itu, vagina juga menjadi saluran keluarnya darah menstruasi.

Mengenali Menstruasi Normal

Dikatakan normal apabila panjang siklus menstruasi (jarak antara hari pertama menstruasi dengan hari pertama menstruasi berikutnya) antara 21-35 hari, dan idealnya 28 hari.

Lama haid (hari mulai keluarnya darah menstruasi hingga hari terakhir keluarnya darah menstruasi) antara 3-7 hari. “Jika kurang dari tiga berarti hormonnya tidak cukup. Jika usia saat haid 17 tahun seharusnya hormonnya sudah baik,” kata dr. Dwiana pada media gathering Betadine Feminine Hygiene di Jakarta, kemarin.

Menstruasi juga dikatakan normal apabila antara satu masa menstruasi dengan masa menstruasi berikutnya ada masa bersih dari keluarnya menstruasi. Selain itu, wanita yang menstruasi akan merasa tidak nyaman pada perut bagian bawah (hanya terjadi saat keluarnya menstruasi).

Mengapa demikian? Karena pada proses ovulasi, folikel yang matang akan pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk dibuahi. Pada tahapan ini lapisan rahim telah menebal untuk mempersiapkan sel telur yang telah dibuahi. Jika pembuahan tidak terjadi, lapisan rahim serta darah akan luruh keluar melalui leher rahim lalu ke vagina.

Komentar

Loading...