Pengamat: Angela Tanoesoedibjo Cocok jadi Representasi Kaum Muda di Kabinet Jokowi

Kamis, 16 Mei 2019 - 09:01 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Kepala Departemen Politik dan Pemerintahan The Habibie Center, Bawono Kumoro menilai Angela Tanoesoedibjo layak masuk kabinet.

Menurut Bawono, putri Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo itu merupakan sosok yang mewakili kriteria pemimpin muda.

“Angela Tanoesoedibjo memiliki pengalaman memimpin korporasi MNC dan ada kapasitas, pengalaman, nilai plus di sana,” katanya, Rabu, (14/5).

Selama ini, sambung Bawono, menteri yang duduk di kabinet Joko Widodo memang banyak yang berlatar belakang pengusaha.

Menurut dia, hal itu membuktikan bahwa menteri harus memiliki nilai plus, kapasitas, dan pengalaman memimpin sebuah organisasi besar.

“Meskipun tidak apple to apple, memimpin perusahaan dan memimpin kementerian kurang lebih sama. Punya anak buah, punya struktur, punya hal yang bisa digerakkan untuk mengeluarkan kebijakan,” katanya.

Dia menambahkan, pemerintah harus mempertimbangkan banyak hal saat menyusun komposisi kabinet.

Pertama, calon menteri harus memiliki integritas dan rekam jejak hukum yang baik.

“Kedua, kapasitas. Apakah calon menteri yang akan direkrut itu benar-benar memiliki, mengetahui dan juga dapat mengeksekusi apa yang harus dilakukan kementerian yang akan dia pimpin ke depan atau tidak,” lanjutnya.

Faktor ketiga ialah representasi dengan mempertimbangkan partai politik. Sebab, sistem presidensial yang dianut oleh Indonesia dipengaruhi oleh koalisi-koalisi partai serta representasi berbagai kalangan.

Matang Pengalaman, Syamsul Samad Masuk Bursa Ketua DPRD Sulbar

“Ketiga pertimbangan itu kalau seorang menteri milenial untuk Jokowi bisa merepresentasikannya, hal itu sangat baik,” katanya. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.