Perwakilan 12 Negara Belajar Tarian Toraja di Makassar

Kamis, 16 Mei 2019 - 13:02 WIB
ARDIANSYAH BANDOE/FAJAR TERTARIK INDONESIA. Peserta dari 12 negara mengikuti program BSBI 2019 di Makassar, berkunjung ke Redaksi Harian FAJAR, Selasa, 14 Mei.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Makassar kembali menjadi pilihan peserta program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) 2019.

Kali ini ada perwakilan dari 12 negara yang belajar seni dan memahami budaya Sulawesi Selatan (Sulsel) selama tiga bulan di Makassar.

Sebut saja, Malaysia, Filipina, Jepang, Rusia, Rumania, Spanyol, Azerbaijan, Kepulauan Fiji, dan Afrika. Serta satu di antara peserta berasal dari Indonesia, tepatnya dari Kalimantan.

Di Makassar, seluruh peserta bergabung dengan Kazaki Art School yang digandeng sebagai mitra oleh pihak Kementerian Luar Negeri RI. Pendiri Kazaki Art School, Muzakkir Hakim menuturkan, peserta BSBI untuk wilayah Makassar akan belajar selama kurun waktu 12 Mei hingga 12 Agustus mendatang.

Bukan hanya di Makassar. Perwakilan dari negara lain pun terbagi di beberapa wilayah di Indonesia.

“Di Makassar mereka akan mempelajari dua konsep tarian Sulsel. Untuk saat ini, salah satunya tarian Toraja. Lalu setelah itu, seluruh peserta dari berbagai wilayah berkumpul di Banyuwangi, pada 13 Agustus. Mereka menutup program BSBI dengan memberikan persembahan terakhir hasil dari persiapan selama tiga bulan,” ujar Muzakkir saat bertandang ke Redaksi Harian FAJAR, baru-baru ini.

Di Banyuwangi, peserta mengikuti pagelaran budaya kolosal bertajuk Indonesia Channel dan Pentas Karya Sahabat Indonesia, bertemakan “Mosaic of Indonesia”.

“Program ini sudah berjalan beberapa tahun di Makassar. Para peserta berusia 18-26 tahun, dengan latar belakang sebagai mahasiswa dan penggiat seni,” sambung pria yang akrab disapa Zaki ini.

Di Daerah Ini Honorer Dapat THR dan Gaji ke-13, di Sulsel Apa Kabar?

Zaki menambahkan, peserta juga akan belajar tentang adat istiadat di Sulsel. Seperti penggunaan kata tabe’ untuk permisi yang sopan, bersalaman dan tersenyum ketika bertemu orang, dan lainnya. (aas-ayt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.