Ani Yudhoyono Membaik, Mulai Diizinkan Keliling RS

Jumat, 17 Mei 2019 - 13:56 WIB

FAJAR.CO.ID, SINGAPURA–Kondisi kesehatan Ani Yudhoyono semakin baik. Setelah tiga bulan dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura, kemarin (16/5), Ani akhirnya diizinkan keluar dari kamar perawatan dan berkeliling di sekitar rumah sakit.

Sembari duduk di kursi roda, ibu dua anak itu ditemani suaminya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan sang menantu, Annisa Pohan.

Ketiganya mengenakan masker biru. “Ini pertama kali Bu Ani diizinkan keluar kamar rumah sakit. Kami sangat bahagia melihat perkembangan kesehatan Bu Ani,” terang Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon yang baru pulang dari Singapura dua hari lalu.

Menurut dia, kesehatan Ani semakin baik. Hal itu berkat doa dari masyarakat Indonesia. Selama ini rakyat Indonesia tidak henti-hentinya memanjatkan doa untuk kesembuhan Ani. Motivasi dan semangat juga datang dari banyak tokoh di Indonesia.

“Supaya Bu Ani sehat kembali dan segera bisa pulang ke Indonesia. Bersama-sama kita lagi,” kata politikus muda Partai Demokrat itu.

Selama ini pengurus Partai Demokrat bergiliran menjenguk Ani. Dua hari lalu dia berada di Singapura selama enam hari.

Kondisi Ani yang sedang berkeliling diunggah di akun Instagram Ani Yudhoyono, @aniyudhoyono. Ada delapan foto yang diunggah. Di antaranya, foto yang memperlihatkan SBY mendorong kursi roda Ani dengan ditemani Annisa Pohan di lorong rumah sakit. Ada pula foto SBY sedang duduk menemani istrinya.

Ani sangat bersyukur bisa menghirup udara segar setelah tiga bulan hanya berada di dalam kamar. “Alhamdulillah setelah tiga bulan tidak menghirup udara segar. Hari ini saya diperkenankan dokter keluar ruangan untuk melihat hijaunya daun, birunya langit, dan segarnya udara. Walau hanya 1-2 jam. Terima kasih ya, Allah. Semoga kesehatanku semakin pulih. Mohon doa teman-teman.”

Jansen mengatakan, walaupun diizinkan keluar, Ani tetap dalam perawatan dan pengawasan ketat tim dokter. “Progressnya semakin baik,” kata dia.

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono menemani istrinya, Ani Yudhoyono keliling RS setelah tiga bulan menjalani perawatan.

Jansen mengatakan, donor sumsum tulang belakang untuk menyembuhkan kanker hati Ani ternyata bukan dari orang luar, tapi berasal dari keluarga sendiri. Yaitu, sang adik kandung, Jenderal (pur) TNI Pramono Edhi Wibowo, mantan kepala staf TNI Angkatan Darat (KSAD). “Sangat cocok dan memenuhi syarat untuk jadi donor Ibu Ani,” terangnya.

Terkait kapan dilakukan transplantasi sumsum tulang, Jansen belum mengetahuinya. Saat ini, ungkap dia, masih tahap persiapan. Jika jadi, akan dilakukan transplantasi sumsum tulang belakang.

Jaminan Produk Halal, MUI Punya Peran Sentral

Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat, Imelda Sari mengatakan, dirinya juga belum bisa menjelaskan teknis penanganan kesehatan Ani. Yang terpenting, dia meminta masyarakat Indonesia untuk terus mendoakan kesembuhan Ani. (jp)