Deretan Tokoh Besar yang Gagal ke Senayan, Ada Dua Menteri

Jumat, 17 Mei 2019 - 13:34 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Tokoh ternama di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla yang maju menjadi caleg DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar), dipastikan gagal melaju ke Senayan.

Hal itu diketahui setelah KPU mengesahkan hasil perolehan suara Pileg 2019 untuk provinsi Jabar, Kamis (16/5) kemarin.

Setidaknya dua Menteri Kabinet Indonesia Kerja era Joko Widodo (Jokowi) gagal melenggang ke Senayan. Yakni Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri dan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Hanif dan Lukman berkontestasi di Dapil Jabar VI yang meliputi daerah pemilihan Kota Depok dan Bekasi. Hanif maju dengan kendaraan PKB, sedangkan Lukman melalui PPP.

Tercatat Hanif mendapatkan 39.336 suara, sedangkan Lukman memperoleh 30.197. Namun, suara keduanya tidak cukup mengantarkan ke Senayan. Di Dapil Jabar VI ini, tidak satu pun caleg dari PKB dan PPP lolos ke DPR.

Mantan Menteri Kehutanan, MS Kaban juga tidak lolos ke DPR dengan kendaraan PBB. Menteri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tidak lolos ke DPR dari Dapil Jabar I yang meliputi daerah Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Dua politikus yang wajahnya kerap nongol di layar televisi juga gagal ke Senayan. Keduanya yakni Politikus PAN, Faldo Maldini dan Politikus Demokrat, Ferdinand Hutahaean.

Keduanya gagal ke DPR dari Dapil Jabar V yang meliputi daerah pemilihan Kabupaten Bogor. Faldo Maldini hanya memperoleh 37.853 suara, sedangkan Ferdinand mendapat 7.186.

Di Dapil Jabar V, caleg PAN yang lolos ke Senayan yakni Primus Yustisio dengan perolehan suara 86.983. Sementara dari Dapil Jabar V, Demokrat diwakilkan oleh Anton Sukartono dengan perolehan suara 55.634.

Dua tokoh terkenal asal PDIP, Maruarar Sirait dan Anton Charliyan juga tidak lolos ke DPR dari provinsi yang dipimpin Gubernur Ridwan Kamil itu.

Ara, sapaan Maruarar maju dari Dapil Jabar III yang meliputi Cianjur dan Kota Bogor. Di situ, Ara mendapat 45.436 suara. Suara Ara kalah dari politikus PDIP sekaligus petahana DPR yakni Diah Pitaloka yang memperoleh 47.263.

KNPI: Pilpres Sudah Selesai, Mari Jaga Persatuan dan Kesatuan demi NKRI

Sementara itu, Anton Charliyan tidak lolos ke DPR dari Dapil Jabar XI yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya.

Mantan Kapolda Jabar itu gagal ke DPR karena memperoleh 43.264 suara. Suara Anton kalah dari caleg PDIP lain yakni Dony Maryadi Oekon dengan perolehan suara 55.178. (jpnn)