Matthijs de Ligt, The Next Puyol Barcelona

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona selangkah lagi akan mendapatkan kapten berusia 19 tahun Ajax, Matthijs de Ligt. Palang pintu Belanda berharga 80 juta euro itu dipersiapkan Barcelona sebagai ‘The Next Carles Puyol’.

Kesepakatan De Ligt dan Barcelona diklaim sudah ada. Hanya pengumuman resmi dari Raksasa Catalan serta Ajax Amsterdam yang tertunda. De Ligt juga dilaporkan sudah menolak tawaran uang muka Real Madrid karena ingin bermain di Camp Nou.

Dengan performa yang ia perlihatkan di klub dan negaranya serta keterampilan kepemimpinannya, De Ligt bisa melanjutkan peran yang pernah dilakukan Puyol. Eks kapten Barca itu selama bertahun-tahun menjadi pemimpin sekaligus benteng pertahanan Raksasa Catalan.

De Ligt juga sudah menunjukkan insting gol yang sama seperti Puyol. Sebelum Ajax tersingkir di babak semifinal Liga Champions, De Ligt mencetak satu gol ke gawang Juventus di delapan besar dan satu lainnya di leg kedua semifinal kontra Tottenham Hotspur.

Karena De Ligt dipastikan akan menjadi pilihan utama, Pelatih Barca, Ernesto Valverde akan mengorbankan salah satu di antara Gerard Pique dan Clement Lenglet. Sementara dua bek lainnya; Samuel Umtiti dan Jean-Clair Todibo dipercaya akan pindah klub musim panas ini.

Menurut Diario GOL, Pique adalah calon korban potensial dari kedatangan De Ligt. Makanya, bek senior itu dilaporkan telah memveto kedatangan De Ligt dengan meminta Barcelona untuk menunda pembeliannya hingga tahun depan.

Pique merasa bahwa tempatnya bisa dalam bahaya kalau De Ligt dibeli Barca musim ini. Meski mantan pemain timnas Spanyol itu tampil luar biasa di lini belakang Barca musim ini, tetapi Lenglet tidak kalah hebatnya. Dan Pique berpendapat usianya bisa menjadi faktor yang membuatnya ditinggalkan.

De Ligt sendiri tetap diam mengenai masa depannya. Meski klub diklaim hampir menyelesaikan kesepakatan untuk kepindahannya, ia menolak untuk mengkonfirmasinya. Goal menyebut, raksasa Catalan akan mengumumkan transfer De Ligt dalam beberapa hari mendatang.

“Ini bukan waktunya untuk membicarakan masa depan saya. Saya tidak tahu apakah saya akan pergi dengan Frenkie de Jong [ke Barcelona]. Saya masih harus menganalisis banyak hal dan melihat semuanya. Kita akan lihat apa yang terjadi. Aku tidak bisa mengatakan apa-apa. Kita akan melihat pada akhir musim panas. Belum ada apa-apa,” katanya kepada Fox Sports. (Diario GOAL/FOX/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...