Wawancara Perpisahan Arjen Robben

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MUNICH—Sepuluh musim Arjen Robben bersama Bayern Munchen akan segera berakhir. Besok malam, ia akan melakoni laga terakhirnya bersama raksasa Bundeliga tersebut. Sebelum pertandingan itu, Robben yang meraih tujuh gelar dan mencetak 98 gol melakukan wawancara perpisahan.

Berikut wawancara Robben dengan situs resmi Bundesliga:

Bundesliga.com: Bersama Frack Ribery, selama bertahun-tahun, Anda telah berhasil menciptakan kekuatan ofensif pada sayap untuk membantu menjadikan Bayern seperti hari ini. Apa artinya bagi Anda yang sangat memengaruhi gaya klub?

Arjen Robben: “Saya sudah berkali-kali mengatakan bahwa saya hanya bangga menjadi bagian dari klub ini dan telah menjadi bagian dari segalanya! Ketika saya pertama kali datang ke klub pada tahun 2009, kami, sebagai sebuah klub tidak sebesar seperti kita sekarang, dan yang saya maksud bukan hanya di lapangan tetapi juga di luar. Perkembangan yang dicapai klub sangat luar biasa! Kesempatan untuk bisa menyaksikan ini membuat saya sangat bangga.”

Bundesliga.com: Orang seperti apa Ribery dan bagaimana hubungan Anda berkembang sepanjang tahun?

Robben: “Secara positif, saya akan mengatakan! Dari hari pertama, jelas bahwa kami akan menjadi baik karena kami berdua memiliki hasrat yang sama untuk sepakbola bersama dengan gaya bermain yang sangat mirip. Sejak awal, kami berdua menikmati diri kita sendiri di lapangan. Bermain bersama selalu bekerja dengan luar biasa. Seperti yang saya katakan, saya sangat bangga dan bahkan merasa terhormat telah bisa bermain dengannya begitu lama. Sayangnya, karena cedera sekarang dan lagi, kita sama-sama merindukan permainan membuat kami lebih sulit untuk berada di lapangan pada saat yang bersamaan, namun, ketika kami bermain, kami selalu bersenang-senang dan berhasil mencetak banyak gol bersama.”

Bundesliga.com: Pada diri Serge Gnabry dan Kingsley Coman, Anda sudah memiliki penerus Anda. Apa kesan Anda tentang keduanya?

Robben: “Mereka sangat bagus! Talenta hebat! Mereka masih sangat muda, yang berarti mereka masih memiliki banyak ruang untuk ditingkatkan. Namun, saya pikir Anda juga perlu pengalaman yang datang dari pertandingan demi pertandingan. Seperti yang saya katakan “Saya pikir mereka dapat meningkat lebih lanjut, meskipun mereka sudah sangat berbakat. Mereka berdua juga sangat baik. Mereka bersedia untuk berusaha dan berkembang. Mereka sangat berkomitmen untuk sepak bola. Untuk para penggemar dan untuk klub itu sendiri, saya berharap mereka terus berkembang. Saya yakin mereka akan memainkan peran penting bagi tim di masa depan. ”

Bundesliga.com: Karier Anda tidak selalu mudah. Sejauh mana pengaruh momen negatif Anda sebagai pribadi?

Robben: “Saya pikir itu hanya bagian dari permainan, bagian dari olahraga, bagian dari sepak bola. Semuanya tidak selalu baik dan bagus, terutama dengan cedera. Anda harus menghadapinya dan terus berjuang. Anda harus percaya Anda akan kembali lebih kuat. Contoh terbaik adalah jumlah penggemar di Allianz Arena: 70.000 penggemar yang menonton setiap pertandingan memiliki masalah mereka sendiri. Seringkali, seseorang harus memasukkan cedera ke dalam perspektif gambaran besar. Selalu bekerja, oleh karena itu, kita harus terus melakukan apa yang kita sukai, yaitu bermain sepak bola. Ketika Anda cedera, itu membuat frustasi, namun, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah tetap positif dan terus bekerja keras.”

Bundesliga.com: Apakah 2012 periode paling sulit bagi Anda di Bayern?

Robben: “Mungkin, tetapi ada waktu lain juga: dua atau tiga kali ketika saya mengalami cedera serius yang menghabiskan empat atau lima bulan. Dalam hal olahraga, itu mungkin tahun yang paling mengecewakan. Pada 2012, kami selesai kedua tiga kali: kami kalah di final piala, berada di urutan kedua di Bundesliga dan juga kalah di final Liga Champions. Sulit untuk menerima. Sulit. Kami harus menghadapi kekecewaan, namun, cara kami datang bersama sebagai sebuah tim pada tahun 2013 menjadikannya semakin mengesankan dan indah! ”

Bundesliga.com: Pada tahun berikutnya, Anda berhasil memenangkan triple dengan Bayern. Apa arti momen ini pada 2013 bagi Anda?

Robben: “Banyak, karena saat itulah semuanya mulai datang bersama. Sebagai seorang anak atau sebagai seorang profesional, Anda selalu ingin mencapai puncak, yaitu Liga Champions. Anda ingin, atau harus memenangkannya dalam karir Anda. Saya tahu itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, kami selalu bermain di Liga Champions, namun, itu tidak selalu diberikan untuk pemain, apalagi bisa memenangkannya. Seperti saya katakan, kami ingin melakukan segala daya kami untuk mencapai itu. Jika Anda kemudian kehilangan dua final dan kemudian memainkan yang ketiga, Anda mulai berpikir “kita tidak bisa membiarkan hal itu terjadi lagi.” Itulah pola pikir yang kita semua bawa ke final: “apa pun yang terjadi, hari ini adalah hari kita” fakta bahwa itu benar-benar berubah seperti itu tiba-tiba menjadi seperti sebuah dongeng.”

Bundesliga.com: Anda memiliki gerakan Anda sendiri: memotong dari kanan ke kiri diikuti dengan tembakan kaki kiri. Apa pendapat Anda tentang istilah Move Robben-Move?

Robben: “Ini sesuatu yang istimewa! Itu tumbuh begitu saja. Dalam satu atau dua tahun terakhir, saya mulai lebih sering mendengarnya. Istri saya menyebutkan betapa bangganya saya harus menciptakan gaya saya sendiri. Ini sesuatu yang istimewa. Ada beberapa yang istimewa. Ada beberapa gol yang saya buat dengan cara ini. Sangat menyenangkan!”

Bundesliga.com: (Setelah referensi video dengan pernyataan rasa hormat dari sesama pemain sepak bola) Apakah rasa hormat yang luar biasa jauh lebih berharga daripada trofi yang telah Anda menangkan?

Robben: “Ya, saya pikir itu (yang paling penting). Terutama ketika Anda menerima pujian dan penghargaan seperti itu. Bagi saya, saya pikir ini bahkan lebih penting karena kami bukan hanya pemain sepak bola tetapi manusia. Ketika Anda menerima rasa hormat dari orang-orang yang bekerja dengan Anda, yang benar-benar mengenal Anda, itu adalah pujian terbaik yang bisa Anda dapatkan.” (Bundesliga/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...