Buktikan 5 Manfaat Rutin Minum Rebusan Kunyit

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Kunyit adalah salah satu rempah yang banyak menjadi andalan di dapur. Selain jadi bumbu masakan, kunyit bisa digunakan sebagai obat tradisional. Cukup dengan merebusnya menjadi minuman, kunyit bisa memberikan banyak manfaat.

Disebutkan dalam Healthy Eating, kunyit adalah rempah yang berasal dari akar tanaman Curcuma Longa. Warna kuning berasal dari daging oranye tanaman tersebut, dan memiliki rasa pedas dan berani yang rasanya seperti kombinasi jeruk, jahe, dan paprika.

Magnesium dan zat besi adalah nutrisi yang paling menonjol. Kunyit kaya magnesium, yang diperlukan untuk lebih dari 300 fungsi biokimia. Manfaat ini termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga tulang kuat, dan ritme jantung.

Sedangkan tanpa zat besi, sel darah merah tubuh akan terkuras menyebabkan kelemahan dan kelelahan ekstrem. Satu sendok kunyit yang dijadikan sebagai minuman, mampu memberikan 16 persen dari kebutuhan harian untuk zat besi pada pria dan wanita.

Kunyit memberikan keseimbangan gizi dan bisa diperoleh dengan cara direbus dengan air, lalu sajikan sebagai minuman. Atau bisa juga membuat minuman teh dari kunyit bubuk. Dilansir dari News Track Live, Kamis (16/5), ada empat khasiat air rebusan kunyit bagi kesehatan jika ruitn diminum.

Turunkan Berat Badan

Minuman kunyit bisa membantu penurunan berat badan. Kunyit merangsang metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Jadi, minum dua kali sehari dapat membuat penurunan berat badan lebih cepat.

Meningkatkan Kekebalan

Terbukti bahwa asupan minuman kunyit secara teratur akan menghasilkan kekebalan tubuhn yang efektif karena sifat antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri.

Sehatkan Mental

Minuman kunyit dapat bertindak sebagai anti-depresi dan mudah mengangkat suasana hati Anda. Dengan demikian, memastikan keseimbangan suasana hati yang tenang.

Jantung Sehat

Sajian minuman kunyit bisa menjaga jantung tetap sehat. Bahkan mampu mencegah oksidasi kolesterol jahat LDL, yang menghentikannya membentuk plak di arteri.

Meningkatkan Fungsi Hati

Unsur kurkumin dalam teh kunyit telah terbukti meningkatkan detoksifikasi hati. Asupan teh kunyit juga dapat meningkatkan kadar glutathione S-transferees, enzim yang diproduksi oleh hati yang melindungi organ dari stres oksidatif dan kerusakan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...