Preview Man City vs Watford: Berburu Treble Domestik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LONDON—Manchester City tak puas menutup musim 2018/2019 hanya dengan gelar Premier League dan Carabao Cup. Mereka masih mengincar Piala FA agar bisa treble domestik.

The Citizens meraih gelar gandanya akhir pekan lalu usai mempertahankan trofi Premier League. Klub Kota Manchester itu unggul satu angka atas Liverpool berkat kemenangan 4-1 atas Brighton & Hove Albion di pekan pamungkas.

Meski sudah mengulang pencapaian mereka musim lalu, pasukan Pep Guardiola masih lapar gelar. Mereka ingin membuat musim lebih bersejarah lagi dengan mengalahkan Watford di final FA Cup yang akan berlangsung di Wembley Stadium, malam nanti.

“Ketika Anda menang, Anda mandi dan kemudian Anda ingin memenangkan yang berikutnya dan berikutnya. Itu membuat hidup Anda lebih baik dan lebih mudah. Menang membantu untuk memenangkan lebih banyak dan membantu membuat klub ini lebih baik,” kata Pep Guardiola kepada BBC Sport.

Ambisi senada dilontarkan kapten City, Vincent Kompany. Ia bahkan mengklaim Manchester City yang sudah mengoleksi lima gelar Piala FA saat ini seperti singa yang kelaparan dan mereka akan bertarung mengamankan gelar ketiga mereka di ibu kota.

Kompany yang telah meraih sembilan trofi utama selama di Etihad menegaskan kepada Sky Sports, “Ini bukan tentang menambahkan prestasi itu ke CV saya – saya tidak peduli dengan CV saya. Saya tahu tim ini dan mereka seperti sekelompok singa. Ketika tim ini lapar, mereka adalah tim yang istimewa.”

“Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk memasukkan sedikit darah ke dalam air itu, sehingga tim ini semakin lapar. Kami tim besar dan tidak bisa disangkal. Saya sangat ingin bermain di final Piala FA. Saya sangat termotivasi,” lanjut bek internasional Belgia tersebut.

Walau percaya diri menyapu bersih gelar domestik, klub kaya raya itu tetap memberi respek pada The Hornest, julukan Watford. Menurut Pep, di partai final apapun bisa terjadi. “Ini adalah final piala, apa pun bisa terjadi seperti kartu merah. Mereka dapat mempersiapkan final dengan lebih baik, mereka dapat membuat strategi yang tidak kami harapkan,” tegas Pep.

Bagi Pep, Watford adalah tim tangguh yang sangat konsisten. “Mereka memiliki bakat besar di depan, banyak pemain fisik, bagus dalam permainan bola mati. Kami harus menemukan penangkal untuk mengalahkan mereka. Di Liga Premier Anda memiliki peluang lain dan bisa lebih santai, tetapi ini sama sekali berbeda,” jelas pelatih asal Spanyol tersebut.

Belum pernah merasakan sensasi juara FA Cup, Watford yang menjadi runner-up pada tahun 1984 berharap bisa menjegal upaya City menyapu bersih gelar domestik. Manajer The Golden Boy, Javi Gracia menegaskan, sukses mereka bangkit dengan mengesankan untuk mengalahkan Wolverhamton Wanderers di semifinal menjadi bukti mereka bisa menantang City.

“Saya pikir itu menunjukkan kepada kita bahwa itu mungkin. Kami kehilangan kedua pertandingan (menghadapi City musim ini) tetapi saya pikir kami menunjukkan bahwa kami bisa mengalahkan mereka,” kata Gracia di AFP.

Gelandang Watford, Etienne Capoue menambahkan, kalau fans membantu, mereka tidak perlu gentar menghadapi City. “Kami membutuhkan pemain ke-12, itu saja. Tidak ada yang mengharapkan kita menang, jadi kita akan memberi 200 persen karena kita punya kesempatan. Kami akan mencoba mengalahkan mereka dan fokus selama 90 menit,” tegasnya di Watford Observer.

Watford yang kehilangan Domingos Quina dan Jose Holebas akan berharap banyak pada Troy Deeney dan Gerard Deulofeu. Nama terakhir sudah membukukan 12 gol yang merupakan pencapaian terbaiknya. Sedangkan City dipastikan masih mengandalkan Raheem Sterling, Sergio Aguero, dan Bernardo Silva. Leroy Sane dan Kevin de Bruyne juga diprediksi akan turun sebagai starter. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Kompany, Laporte, Zinchenko; D. Silva, Gundogan, De Bruyne; Bernardo, Aguero, Sterling

Watford (4-2-2-2): Gomes; Femenia, Kabasele, Cathcart, Masina; Pereyra, Doucoure, Capoue, Hughes; Deulofeu, Deeney

Head to head

09/03/19 Manchester City 3-1 Watford

04/12/18 Watford 1-2 Manchester City

02/01/18 Manchester City 3-1 Watford

16/09/17 Watford 0-6 Manchester City

21/05/17 Watford 0-5 Manchester City

Lima pertandingan terakhir Manchester City

12/05/19 Brighton 1-4 Manchester City

06/05/19 Manchester City 1-0 Leicester City

28/04/19 Burnley 0-1 Manchester City

24/04/19 Manchester United 0-2 Manchester City

20/04/19 Manchester City 1-0 Tottenham

Lima pertandingan terakhir Watford

12/05/19 Watford 1-4 West Ham

05/05/19 Chelsea 3-0 Watford

27/04/19 Watford 1-2 Wolverhampton

23/04/19 Watford 1-1 Southampton

20/04/19 Huddersfield 1-2 Watford

Road to Final

Watford

Semifinal: Watford 3-2 Wolverhampton Wanderers

8 Besar: Watford 2-1 Crystal Palace

Putaran ke-5: QPR 0-1 Watford

Putaran ke-4: Newcastle United 0-2 Watford

Putaran ke-3: Woking 0-2 Watford

Manchester City

Semifinal: Manchester City 1-0 Brighton & Hove Albion

8 Besar: Swansea 2-3 Manchester City

Putaran ke-5: Newport 1-4 Manchester City

Putaran ke-4: Manchester City 5-0 Burnley

Putaran ke-3: Manchester City 7-0 Rottherham

DATA DAN FAKTA

Manchester City telah menyingkirkan Watford dari Piala FA di tiga pertandingan sebelumnya, menang 3-1 di 1996-97, 3-0 di 2012-13 dan 4-2 di 2013-14.

 

Ini adalah final ke-11 Piala FA bagi Manchester City dan yang kedua untuk Watford. City sejauh ini sudah mengoleksi 5 gelar FA Cup sedangkan City belum punya trofi setelah di final 1984 kalah 0-2 dari Everton.

 

Manchester City dalam 10 tahun terakhir lolos dua kali ke final Piala FA yakni 2010/2011 dimana mereka juara usai menang 1-0 atas Stoke City. Pada final terakhir di musim 2012/2013, mereka kalah 0-1 dari Wigan Athletic

Manchester City memenangkan 10 pertandingan terakhir mereka melawan Watford di semua kompetisi.
Manchester City mencetak setidaknya 2 gol dalam 10 pertandingan terakhir melawan Watford di semua kompetisi.
Manchester City memenangkan 5 pertandingan terakhir mereka di Piala FA.
Watford tidak terkalahkan dalam 5 pertandingan terakhir mereka di Piala FA.

Manchester City akan menyelesaikan treble domestik jika mengalahkan Watford.
Watford kalah dalam laga kandang dan tandang kontra Manchester City di Premier League musim ini namun mereka selalu mencetak gol di dua pertandingan itu.

TOP SKOR FA CUP

MANCHESTER CITY

Phil Foden: 3

Gabriel Jesus: 3

Sergio Aguero: 2

Bernardo Silva: 2

Riyad Mahrez: 2

Leroy Sane: 2

WATFORD

Etienne Capoue: 2

Troy Deeney: 2

Gerard Deulofeu: 2

Andre Gray: 2

Will Hughes: 1

Isaac Success: 1

TOP ASSIST

MANCHESTER CITY

Ilkay Gundogan: 4

Kevin de Bruyne: 3

Gabriel Jesus: 2

WATFORD

Craig Catchart: 1

Tom Cleverley: 1

Domingos Quina: 1

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...